Banner
Ratusan Pelajar, Guru dan Orang Tua, Ikuti Seminar Wawasan Kebangsaan
Jumat, 25 Februari 2011 22:37
ImageSebanyak 160 peserta mengikuti seminar wawasan Kebangsaan yang digelar Yayasan Al Mustarih bekerjasama Ditjen Kesbangpol Kemendagri RI di ruang rapat I Balaikota Bogor, Jum’at (25/2/2011).  Seminar sehari ini dibuka Asisten Tata Praja Kota Bogor Ade Syarif Hidayat mewakili Walikota Bogor.
 
Dari 160 peserta seminar  terdiri dari 55 orang guru dan 105 pesetta orang tua murid, Kader di Kota Bogor. Seminar mengusung tema “Peranan  dan tantangan dalam meningkatkan motivasi anak/anak didik untuk memahami wawasan kebangsaan serta arti pentingnya politik bagi masyarakat”

Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat, menyambut baik upaya Yayasan Al Mustarih untuk menggelar seminar wawasan kebangsaan, karena pada waktu-waktu terakhir ini semakin terasa sekali kebutuhan tentang perlunya peningkatkan rasa kebangsaan di berbagai kalangan masyarakat.

Kata Ade, memang diperlukan upaya yang didukung oleh berbagai pihak untuk terus mengingatkan masyarakat agar tetap mampu memelihara sikap toleran, sikap saling menghormati perbedaan dan rasa kekeluargaan sebagai sebuah bangsa. Agar kehidupan berbangsa tidak selalu terkoyak oleh peristiwa-peristiwa benturan antara anggota masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut Ade, mereka perlu dimotivasi dan diingatkan agar masing-masing mau berusaha dengan penuh semangat untuk meningkatkan kualitas diri, agar secara keseluruhan bangsa ini bisa berkembang menjadi bangsa yang tangguh. Artinya, bahwa bangsa ini mampu bersaing pada aspek kehidupan apapun dengan bangsa lain, serta mampu mengatasi setiap permasalahan yang muncul di era sekarang dan masa depan nanti.

Sementara Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementrian Dalam Negeri RI dalam sambutannya dibacakan Kabag Perencanaan Ditjen Kesbangpol Bahrum Alamsyah, SH, mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam uapaya meningkatkan dan pengembangan wawasan kebangsaan dan cita-cita tanah air bagi anak didik di era reformasi.

Image

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peranan pendidik dalam meningkatkan motivasi bagi anak didik mengenai wawasan kebangsaan serta pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat.

Menurutnya, tugas utama seorang guru mempunyai kemampuan membimbing, mengajar dan melatih peserta didik dalam proses belajar. Oleh karena itu seorang guru harus mempunyai kemampuan menata, mengemas serta mampu menyajikan bahan ajaran dalam menyampaikan pesan dan informasi kependidikan untuk menggerakan motivasi belajar anak didik secara maksimum.

Bahrum menambahkan, tampilnya seorang guru sebagai motivator bagi siswa-siswi yang dihadapinya sehari-hari bukanlah hal yang mudah. Untuk menjadi motivator seorang guru harus dapat memberi motivasi bagi sendiri yang otomatis menjadi motivator bagi dirinya sendiri. (gus)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner