Beranda >

Berita > Sabet Penghargaan People of The Year 2020, Bima Arya Paparkan Dua Prinsip Ini


19 November 2020

Sabet Penghargaan People of The Year 2020, Bima Arya Paparkan Dua Prinsip Ini

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjadi salah satu narasumber Talkshow Profil Penerima Penghargaan People of The Year 2020 Kategori The Best Government Officer dalam Program Selamat Pagi Indonesia Metro TV secara daring di ruang kerjanya, Balai Kota Bogor, Kamis (19/11/2020). 

Dalam kesempatan tersebut, ia memaparkan dua prinsip yang dijalankannya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga.

"Setiap rupiah yang ada di APBD, pada prinsipnya harus mencerminkan uang rakyat kembali ke rakyat, pengalokasiannya harus betul-betul dihitung agar tepat sasaran. Itu prinsip pertama," jelas 

Untuk prinsip kedua lanjut Bima Arya, bagaimana memaksimalkan seluruh perangkat informasi teknologi yang ada untuk memudahkan urusan warga dan untuk menjalankan pemerintahan yang efektif serta efisien. 

Dalam implementasinya, Kota Bogor memulainya dengan melaksanakan reformasi perizinan, selain itu ada Mal Pelayanan Publik (MPP) Grha Tiyasa yang menjadi salah satu MPP terbaik dan menjadi rujukan. 

Selain itu, menampung aspirasi warga menjadi hal yang turut dibenahi dengan menyediakan satu kanal khusus, yakni sistem informasi berbagai aduan dan saran atau yang disebut Si Badra. 

Warga Kota Bogor bisa melaporkan secara real time semua persoalan kekinian yang ada di lapangan dan harus direspon kepala dinas terkait dalam waktu maksimal 2 X 24 jam. 

Pemkot Bogor juga memastikan reformasi birokrasi melalui teknologi harus dirasakan oleh seluruh warga Kota Bogor. 

Di masa pandemi Covid-19 ini pihaknya bisa memantau protokol kesehatan yang ada di seluruh titik-titik rawan melalui CCTV atau koneksi langsung, untuk kemudian dikomunikasikan kepada pihak yang mengawasi di lapangan agar tidak ada pelanggaran.

"Jadi intinya bagaimana pelayanan publik menjadi lebih mudah, cepat dan transparan dengan memaksimalkan teknologi informasi," bebernya.

Pemanfaatan teknologi informasi, menurut Bima Arya tidak harus mahal. Ia menuturkan, aplikasi aduan warga yang digunakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merupakan hasil karya anak muda dan memiliki kualitas yang baik serta tidak berbeda jauh dari aplikasi serupa yang ditawarkan pihak lain, selain itu fungsinya pun bagus. 

Selain Wali Kota Bogor, Bima Arya yang menerima penghargaan Penghargaan People of The Year 2020 Kategori The Best Government Officer. 

Ada empat kepala daerah lain yang menerima penghargaan, yakni Wali Kota Padang, Wali Kota Semarang, Wali Kota Gorontalo dan Wali Kota Palembang. Dari kelima kota yang penerima penghargaan hanya Kota Bogor yang bukan merupakan Ibu Kota Provinsi. (Prokompim) 

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk