13 April 2021
Survei Kepuasan Pasien RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor, Setiap Bulan Meningkat
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merilis hasil survei kepuasan pelanggan atau pasien RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor dari Januari hingga Maret 2021. Hasilnya, setiap bulan tingkat kepuasan pasien Covid-19 meningkat.
Kepala RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor, Yety Hariyati secara periodik setiap bulan melaporkan hasilnya.
Adapun maksud dan tujuan kegiatan survei kepuasan pelanggan ini adalah sebagai evaluasi terhadap pelayanan kesehatan yang telah diberikan, bahan masukan terhadap perbaikan kualitas pelayanan kesehatan, Quality control pelayanan kesehatan, mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan rumah sakit khususnya, mengetahui karakteristik responden pelanggan RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor dan mengetahui proporsi kepuasan pelanggan di Rawat Inap terhadap pelayanan: Dimensi Mutu yang sudah ditetapkan.
Ada 5 (lima) dimensi mutu pelayanan yang harus dipenuhi, yakni kecepatan, ketepatan, ketersediaan/keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan. Selain itu, ada 4 (empat) karakteristik responden, yaitu umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Januari, ada 31 orang yang di rawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 22 orang menyatakan puas (71%) dan 9 orang menyatakan tidak puas (29%). Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 71%.
Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus, yaitu unit Pelayanan Dokter, Pelayanan Gizi, Pelayanan Sarana dan Prasarana. Sementara di Februari, ada 33 orang yang di rawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 25 orang menyatakan puas (75,8%) dan 8 orang menyatakan tidak puas (24,2%).
Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 76%. Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu unit Pelayanan Gizi.
Kemudian Maret, ada 32 orang yang di rawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 25 orang menyatakan puas (78,1%) dan 7 orang menyatakan tidak puas (21,9%)
Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 78%.
Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu unit Pelayanan Gizi. "Kepuasan pasien terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 selama tiga bulan operasional selalu mengalami peningkatan," kata Yety Hariyati.
Berdasarkan data rekapitulasi pasien di RS Lapangan Covid-19, Minggu (11/4/2021). Jumlah pasien kumulatif 344 orang, pasien dirawat 7 orang.
Pasien sudah keluar 337 orang terdiri dari sembuh 283 orang, Isolasi mandiri (Isoman) 8 orang, rujuk 33 orang, APS atau pasien pulang atas kemauan sendiri 13 orang dan meninggal 0 orang.( Prokompim )
- Berita Terkini
- Mahkota Raja Pajajaran Binokasih kembali dikirab dari mulai Sumedang, Ciamis sampai ke Kota Bogor. Di Kota Bogor Mahkota Binokasih diserahkan Raden An
- Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri Halalbihalal Idul Fitri 1445 Hijriah tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis
- Badan perencanaan pembangunan, riset dan inovasi daerah (Bapperida) Kota Bogor melaksanakan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Pemban
- Proses pembangunan akses langsung Tol Bogor Ring Road (BORR) dari On Ramp Kedunghalang yang bisa diakses dari kawasan One Central Business District (O
- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menggelar apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024 Tingkat Kota Bogor di Plaza Bala