Beranda >

Berita > Dedie Rachim Napak Tilas Raden Saleh di Kantor KPP Pratama


09 Juni 2021

Dedie Rachim Napak Tilas Raden Saleh di Kantor KPP Pratama

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengunjungi bangunan cagar budaya yang berada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bogor di Jalan Ir.H. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (9/6/2021).

Selain diisi berbagai fasilitas pelayanan, bangunan cagar budaya yang belum lama diresmikan itu juga berisikan nilai historikal tinggi.

Baru saja masuk gedung, Dedie disuguhi oleh beberapa lukisan yang merupakan karya dari maestro pelukis Raden Saleh Sjarif Boestaman atau yang familiar disapa Raden Saleh.

"Kita memberikan apresiasi kepada KPP Pratama Kota Bogor, yang secara khusus mengalokasikan sebuah zona yang berada di wilayah pelayanan untuk dibuat semacam galery karya dari seorang maestro pelukis Indonesia Raden Saleh," kata Dedie disela kunjungannya.

Menurut Dedie, karya dahsyat milik Raden Saleh tersebut dirasa pas ditampilkan di KPP Pratama Kota Bogor. Secara historikal memang, KPP Pratama Kota Bogor dibangun sebagai kantor kesekretariatan negara pada zaman kolonial.

Sejarah juga mencatat bahwa Raden Saleh sempat mendiami kantor tersebut bersama sang istri. Dan juga membuat karya berupa lukisan - lukisan realis yang menjadi karakternya.

"Jadi ada kaitan antara KPP Pratama, Raden Saleh dan Kota Bogor. Dengan adanya galeri ini, kita juga diingatkan bahwa karya - karya besar beliau yang sangat konsen terhadap keindahan alam atau hewan," sahutnya.

"Dan kesenian tinggi ini diharapkan bisa memicu generasi muda tentang kiprah beliau. Dan ternyata beliau meninggal dan dimakamkan di Kota Bogor," ujar Dedie.

Selain melihat karya - karya Raden Saleh di galeri, Dedie juga melihat bekas ruang bawah tanah yang berada persis di bawah gedung tersebut. Dalam kunjungannya, Dedie ditemani para pejabat di KPP Pratama Kota Bogor dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta komunitas Bike Heritage.( Prokompim)