Beranda >

Berita > Peran serta para Babinsa di butuhkan dalam ketahanan pangan


30 Januari 2015

Peran serta para Babinsa di butuhkan dalam ketahanan pangan

Pencanangan Gerakan Pengelohan Lahan Pertanian  dan  Perbaikan Saluran Irigasi dengan Pembekalan  pertanian bagi Babinsa  digelar Komando Distrik Militer 0606   ( Kodim) di Kelurahan Margajaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. ( 29/1).

Kegiatan Pencanangan Perbekalan Babinsa tersebut,dibuka  Walikota Bogor,Bima Arya   bersama Komandan Kodim 0606 /Kota Bogor ,Rakhamat Santoso dengan Mesin pembajak (Raktor ) pengolahan Lahan tanah Pertanian  disaksikan camat dan Lurah yang mempunyai Lokasi  pertanian serta  68 orang Babinsa  dan 25 petani serta  Kelompok Tani Se Kota Bogor.

Walikota Bima Arya menyampaikan gerakan percepatan penanaman Padi, jagung dan Kedelai yang melibatkan Unsur TNI peran serta Babinsa se Kota Bogor untuk membantu para petani  dengan  perbaikan irigasi saluran air pertanian dalam penunjang pemberdayaan sarana Tani yang maksimal dengan Hasil yang memadai.”Karena lahan pengelohan pertanian perkotaan yang mulai menyempit di setiap sudut Kota untuk mengimbangi pertumbuhan Ekonomi yang sangat cepat dengan era globalisasi ”jelasnya

Lahan pertanian perkotaan yang menyempit dapat dibudidayakan agar  lima Kecamatan se kota Bogor dengan target 90 Ha pada musim tanam tahun 2015 dapat menuai hasil yang oktimal Sehingga memenuhi kecukupan produksi beras dalam mendukung swasembada pangan sebanyak 11.500 Ton  secara Nasional.

tanah12

sedangkan Santoso mengungkapkan kepedulian Kodim beserta jajaran turut aktif mengeloh lahan pertanian dan perbaikan saluran irigasi di wilayah kota Bogor dengan serta ikut mengerahkan para Babinsa mengikuti pembekalan pertanian sangat penting dalam meningkatkan produktivitas, mengingat banyak lahan produktif pertanian di wilayah Kota Bogor telah beralih fungsi bahkan sebagian besar kondisi irigasi rusak serta luas lahan makin berkurang padahal lahan pertanian merupakan aspek penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Guna lebih menumbuhkan motivasi dan mengoptimalkan partisipasi masyarakat perlu adanya gerakan yang mampu meningkatkan kinerja dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan ditunjang instansi lain dan seluruh elemen masyarakat.

Pada kesempatan lain dikemukakan Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor, Azrin Syamsyudin  upaya akselerasi pembangunan pertanian terutama dalam bidang prasarana dan sarana pertanian  adalah tindaklanjuti  program MOU Mentri Pertanian dan Kasad dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama (KKS) antara Dirjen PSP dengan kepala Staf TNI angkatan Darat guna mendukung program ketahanan pangan.

Melalui program dapat terwujud pembangunan pertanian yang baik tercermin dari kesediaan pangan cukup baik jumlah dan mutunya,aman dan terjangkau bagi masyarakat Kota Bogor tandasnya (Lani)