Beranda >

Berita > Pemkot Bogor, Minaqu dan BJB Komitmen Majukan Petani Tanaman Hias


24 September 2021

Pemkot Bogor, Minaqu dan BJB Komitmen Majukan Petani Tanaman Hias

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim melaunching program kemitraan Petani Tanaman Hias Mitra Binaan CV Minaqu Indonesia bersama Bank Jabar dan Banten (BJB) Cabang Bogor di Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Jumat (24/9/2021).

Di hadapan para petani, Dedie menyampaikan bahwa langkah yang sedang dibangun untuk memajukan para petani tanaman hias di Kota Bogor akhirnya membuahkan sedikit hasil. Salah satunya kemitraan ini.

"Ada kemitraan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dengan Minaqu dan institusi pembiayaan dari BJB," kata Dedie.

Para petani tanaman hias, sambung Dedie, memang perlu diberikan beberapa hal penting. Terlebih untuk menumbuhkembangkan produksi tanaman hias yang mereka lakoni.

"Kesempatan ditambah pengetahuan dan modal, Insya Allah akan jadi. Tinggal tambahan doa agar para petani Kota Bogor bisa sukses," sambung Dedie.

Minaqu, menurut Dedie, dianggap sudah sukses dalam memasarkan tanaman hias dari Kota Bogor ke mancanegara. Sehingga hal ini bisa menjadi motivasi untuk para petani dalam mengembangkan usahanya.

Menambahkan, Direktur Minaqu Indonesia, Yasmin Sanad mengatakan bahwa program tersebut merupakan inisiasi langsung dari Wakil Wali Kota Bogor. Dimana, Minaqu memang memiliki kolaborasi program dengan para petani tanaman hias.

Selain itu, setiap petani mitra juga mendapatkan bantuan modal senilai Rp 34,8 juta. Bantuan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) itu sudah termasuk bibit tanaman hias hingga sarana produksi. Ada total sebesar kurang lebih Rp 1,1 miliar KUR disalurkan untuk kemitraan petani tanaman hias itu.

Usai menyapa para petani, dilakukan pula simbolis pemasangan baja ringan sebagai tanda akan dibangunnya green house di lokasi lahan milik warga yang dikerjasamakan untuk memproduksi tanaman hias.( Prokompim).