Beranda >

Berita > Helaran HJB Ke-536 Akan Lebih Meriah


08 Agustus 2018

Helaran HJB Ke-536 Akan Lebih Meriah

Helaran atau Festival Budaya sebagai acara puncak Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 akan digelar Minggu (12/08/2018) mendatang di jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor.

Sebagai agenda rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Helaran tahun ini dipastikan akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya ada sekitar 5.000 orang ikut berpartisipasi dalam helaran, belum ditambah dengan warga Kota Bogor maupun luar Kota Bogor yang turut menyaksikan Helaran.

“Acara dimulai pukul 08.30 WIB dilepas langsung Wali Kota Bogor,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi seusai Breifing Staf, di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor, Selasa (07/08/2018).

Shahlan mengatakan, Helaran tahun ini akan dibuka dengan pertunjukan Drum Band Kemudian sedikitnya 15 kuda dan kereta kencana akan iring-iringan. Direncanakan Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor, Gubernur Terpilih Provinsi Jawa Barat dan Gubernur DKI Jakarta dan unsur Muspida lainnya akan menaiki kuda. Sementara kereta kencana diisi para istri-istri pejabat.

“Dibelakang kuda dan kereta kencana ada iring-iringan delman untuk sekda dan para asisten, diikuti rombongan OPD mulai dari mobil hias, jampana (rumah sunda jaman dahulu), dan tentunya tak ketinggalan penampilan dari sanggar dan komunitas,” jelasnya.

Ia menerangkan, jumlah komunitas yang terlibat di Helaran tahun ini semakin banyak karena ada komunitas-komunitas baru yang ingin ikut berpartisipasi. Tak hanya komunitas yang bertambah, peserta dari luar kota turut bertambah dari sebelumnya hanya dua kota menjadi enam kota/kabupaten yang siap memeriahkan HJB.

“Dari Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bogor,” sebutnya.

Menurut Shahlan, kegiatan Helaran ini memang akan banyak menampilkan budaya-budaya kesundaan yang memang harus dilestarikan. Pasalnya, banyak juga warga yang tidak kenal dengan budaya sunda. Tak ayal, selain sebagai perayaan HJB, Helaran juga menjadi ajang promosi pariwisata di bidang budaya yang secara langsung dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Bogor, mendorong perekonomian dan menaikan PAD Kota Bogor.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Bogor dan luar Kota Bogor untuk datang dan turut serta memeriahkan festival budaya ini,” ujarnya. (fla/indra/nisa/risa-SZ)