Beranda >

Berita > Iriawan Ingin Inovasi Teknologi Tepat Guna Diterapkan Masyarakat


09 Agustus 2018

Iriawan Ingin Inovasi Teknologi Tepat Guna Diterapkan Masyarakat

KAB BANDUNG BARAT - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan menginginkan karya inovasi teknologi tepat guna dapat diterapkan oleh masyarakat di seluruh Jabar. Iriawan mencontohkan inovasi teknologi tepat guna hasil karya masyarakat desa di Kabupaten Indramayu yaitu alat pemberi pakan otomatis tanpa mesin, mampu mengurangi ongkos kerja pada budidaya perikanan. Alat pakan ternak mandiri yang sangat sederhana ini bahkan merupakan satu-satunya di dunia.

"Ini harus diaplikasikan masyarakat Jabar ya karena potensi perikanan kita sangat besar, alatnya murah tapi manfaatnya besar," kata Iriawan saat membuka Gelar Teknologi Tepat Guna VIII Tingkat Jabar di Lapangan Kantor Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat.

Alat pakan ternak mandiri tersebut hanyalah satu dari puluhan inovasi terbaik yang ditampilkan pada gelar tersebut. Namun tim penilai gelar TTG yang berasal dari LIPI dan BP2D Jabar memutuskannya sebagai juara I inovasi TTG. Juara II diraih oleh inovasi kompor air dari Kabupaten Bandung dan juara III dari Kabupaten Bandung Barat dengan inovasi mesin pematang multi produk. Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang stimuli dari Rp 17 juta sampai Rp 25 Juta.

Dalam kesempatan itu, Iriawan didampingi Kadis PMD Jabar dan Bupati, Walikota se-Jabar meninjau satu-persatu stan inovasi. Menurutnya, semua karya inovasi TTG yang ditampilkan bertaraf nasional bahkan internasional yang perlu terus didorong. Inovasi itupun bisa menjadi daya saing perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan.

"Saya lihat inovasinya sudah tingkat naisonal tadi saya lihat stand satu-persatu luar biasa sangat membanggakan karya masyarakat Jabar ini dan nantinya akan memberikan daya saing dan meningkatkan perekonomian," tutur Iriawan.

Ia pun meminta setiap Bupati, Walikota untuk memperhatikan dan mendukung inovasi dan kreativitas masyarakatnya baik dari segi pembiayaan maupun akses.

"Harus didukung oleh tiap kepala daerah bagaimana meningkatkan inovasi masyarakatnya ke tingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Teknologi tepat guna adalah inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi. Melalui gelar TTG ini, Iriawan berharap akan mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dalam hal TTG.

"Gelar ini untuk memotivasi masyakat khususnya di desa untuk terus berkarya," harapnya.( Humas dan protokol Setda Jabar )