Beranda >

Berita > Briefing Staf, Bima Arya Kembali Ingatkan Jajarannya Kerja Keras Benahi Kota


28 September 2022

Briefing Staf, Bima Arya Kembali Ingatkan Jajarannya Kerja Keras Benahi Kota

Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Wakilnya, Dedie A. Rachim dan Sekretaris Daerah (Sekda), Syarifah Sofiah melakukan briefing staf di pedestrian Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (27/9/2022).

Turut dihadiri oleh para staf ahli, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), asisten, kepala bagian, kepala bidang serta camat dan lurah,

Dalam arahannya, Bima Arya mengajak semua untuk bekerja keras membenahi Kota Bogor dan memastikan pelayanan terhadap warga berjalan optimal.

Ada beberapa arahan dan catatan yang diberikan Bima Arya kepada jajarannya tentang persoalan dan kendala yang dihadapi serta solusi yang harus dijalankan. Diantaranya adalah tentang capaian imunisasi yang harus terus digencarkan dengan berkolaborasi antara stakeholder dan melakukan sinkronisasi data."Jadi tolong terus didata dan dicatat, kemudian jemput bola. Jadi anak 9 - 59 bulan ini harus mendapatkan imunisasi. Saya minta update perharinya," ujarnya.

Selanjutnya, Bima Arya juga meminta agar Tim Tangkas yang dibentuk dan diluncurkan beberapa waktu lalu ini terus berkeliling Kota Bogor untuk memastikan tidak ada pelanggaran dan pembiaran terhadap keamanan dan ketertiban umum di Kota Bogor.

Brifing staf yang dilakukan di pedestrian SSA ditengah-tengah aktivitas masyarakat pejalan kaki, pesepeda dan masyarakat yang sedang berorahraga serta di antara arus kendaraan di Jalan Pajajaran ini bukan tanpa sebab. Karena kata Bima Arya, pihaknya ingin mengingatkan kepada semua yang ada dilingkungan Pemkot Bogor tentang apa yang harus dibenahi.

Bima Arya mengatakan kondisi dan situasi kota akan terus semakin berkembang. Untuk itu harus terus ada pembaharuan atau upgrade baik dari sisi inovasi maupun infrastruktur dan fasilitas publik."Jika tidak disikapi dari sekarang nanti lambat laun akan semakin crowded. Tidak cukup hanya Tim Tangkas saja. Makanya harus ada konsep perencanaan jangka panjang. Insya Allah akan dilanjutkan," katanya.

Pada kesempatan itu ia juga memberikan beberapa usulan terkait konsep pemberdayaan UMKM dan inovasi untuk menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Bogor.

Pada sektor lalu lintas ,Bima Arya juga meminta agar keberadaan halte dan tempat penyeberangan orang diperhatikan untuk memudahkan masyarakat.

Di bidang infrastruktur tahun ini Kota Bogor akan menerima Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat untuk pelebaran dan pembangunan jembatan Otto Iskandardinata (Otista) serta ada beberapa pengerjaan infrastruktur yang dilakukan hingga akhir tahun 2023 mendatang.

Terakhir, mengenai Instruksi Presiden soal kendaraan dinas listrik kata dia, Kota Bogor tahun ini akan memulai di lingkungan Pemkot Bogor."Kota Bogor Insya Allah siap, bersiap untuk memasuki era kendaraan listrik. Tahun ini Insya Allah, satu kita mulai sedan listrik, lima motor listrik. Jadi nanti bertahap apabila memungkinkan kendaraan yang sudah lewat masa penggunaanya bisa mengusulkan untuk kendaraan listrik apabila APBD atau memungkinkan di tahun-tahun berikutnya," katanya.

Bima Arya juga menyampaikan bahwa Kota Bogor akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Gerak Jalan Sedunia atau World Walking Day 2022.

Pada briefing staf ini, Bima Arya juga meminta agar Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyampaikan mengenai serapan anggaran.

Di hadapan peserta briefing staf, Syarifah menyampaikan serapan anggaran harus berjalan sesuai target yang ditentukan.

Untuk itu pihaknya meminta kepada setiap masing-masing OPD untuk melakukan pencatatan dalam setiap capaiannya."Jadi harus dilihat lagi schedulenya, kemudian target dari serapannya, jadi bapak ibu bisa melalui para stafnya masing-masing dilihat lagi budgetnya berapa dan target yang harus dicapainya berapa," katanya.

Dari sisi capaian serapan kata Sekda, Kota Bogor berada dalam 10 terbaik di Jawa Barat. Ia pun berharap prestasi tersebut tidak berubah dan terus meningkat.

Untuk Reformasi Birokrasi, saat ini kata Sekda di Kota Bogor progresnya terus membaik. Bahkan, terakhir Kota Bogor mendapatkan kunjungan dari Menteri PANRB, Azwar Anas dalam Reformasi Birokrasi di Mal Pelayanan Publik.(Prokompim).