Beranda >

Berita > Sekda Tinjau Rumah Ambruk di Katulampa, Perintahkan Segera Tangani


28 Maret 2023

Sekda Tinjau Rumah Ambruk di Katulampa, Perintahkan Segera Tangani

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah didampingi perangkat daerah terkait meninjau beberapa bangunan rumah warga yang ambruk akibat tertimpa bencana. Salah satunya di Kampung Katulampa Sirnagalih, RT.01, RW.21, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (28/3/2023).

Saat meninjau, Syarifah didampingi Kepala Dinsos, Fahrudin, Kepala Pelaksana BPBD, Teofilo Patrocinio Freitas dan perwakilan Dinas Perumkim memasuki rumah yang kondisinya sudah tidak layak.

Sebab, bagian atap rumah sudah hampir ambruk akibat dinding yang keropos akibat tiang pondasi yang terlihat keropos. Demikian halnya dengan kondisi peralatan rumah.

Kepada aparatur wilayah dan perangkat daerah terkait, Sekda memerintahkan untuk segera menanganinya mengingat kondisi tempat tinggal yang memprihatinkan, termasuk kebutuhan yang bisa segera dipenuhi, diantaranya kasur dan selimut.

“Setelah pihak kelurahan menyampaikan pengajuan, perangkat daerah terkait segera menanganinya. Rencananya setelah Idul Fitri,” kata Sekda di lokasi.

Sekretaris Kelurahan Katulampa, Randi Kurnia menyampaikan, pihaknya telah mengajukan bantuan kepada perangkat daerah terkait.

Untuk realisasi perbaikan rencananya akan dilaksanakan setelah Idul Fitri menggunakan Bantuan Sosial Tidak Terencana (BSTT). Sebelumnya kata Randi telah ditangani rumah dengan kondisi hampir serupa di RW 04.

Ambruknya atap rumah milik Karta (60) terjadi pada awal Maret 2023. Tidak adanya dokumen kependudukan sehingga pengajuan bantuan menjadi tersendat.

Untuk mempercepat bantuan, Kelurahan Katulampa bersama Ketua RT. 01, Holil dan Ketua RW. 21, Nurdin memfasilitasi pembuatan dokumen kependudukan bagi Karta, yang kondisinya rumahnya sangat memprihatinkan dan tidak layak huni.(Prokompim).