Beranda >

Berita > Sekda : Semangat Lebih Menghimpun Pajak


01 Oktober 2018

Sekda : Semangat Lebih Menghimpun Pajak

Dengan diresmikannya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bogor diharapkan menjadi awal baru yang memberikan semangat lebih bagi keluarga besar KPP untuk menunaikan salah satu tugas mulia bagi negara, yaitu menghimpun pajak.

"Kita pahami bersama bahwa penerimaan pajak memiliki arti penting dalam kaitan keberlangsungan pembangunan di negara ini," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat saat hadir pada peresmian kantor baru KPP Madya Bogor di Jalan Pangrango, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (1/10/2018).

Karena, tuturnya, pajak adalah komponen penerimaan negara terbesar untuk membiayai belanja negara. Seperti contohnya dari total belanja negara pada APBN 2017 sebesar Rp 2.080, 5 triliun, sekitar 20 persennya berasal dari penerimaan perpajakan yang mencapai Rp 1.498,9 triliun.

"Kondisi yang kurang lebih sama terjadi pada struktur anggaran Kota Bogor. Sekitar 67 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditopang dari pajak daerah. Dalam konteks ini, upaya sinergi dan kolaborasi untuk meningkatkan penerimaan pajak adalah sebuah kebutuhan," papar Sekda.

Oleh karena itu, menurut Sekda, dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor intens menjalin kerja sama dan kemitraan dengan KPP Pratama dalam melaksanakan fungsi perpajakan dan menghimpun pendapatan negara melalui pajak. Kerja sama dan kemitraan itu telah tertuang dalam sejumlah perjanjian kerja sama. (Humpro : Dn/Foto:Hari-SZ)