Beranda >

Berita > Tim Verifikasi Kota Sehat Kunjungi Kota Bogor


25 Februari 2015

Tim Verifikasi Kota Sehat Kunjungi Kota Bogor

Forum Kota Sehat dari Provinsi Jawa Barat mulai melakukan verifikasi lapangan di Kota Bogor hari ini, Rabu (25/2/2015). Tim verifikasi yang diketuai Julianto, diterima oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman di Ruang Rapat Tengah Balaikota Bogor. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Dirut PDAM Untung Kurniadi, dan dinas terkait,serta Ketua Forum Kota Sehat,Abdul Karim.

Ketua tim verifikasi Julianto menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah verifikasi penilaian awal. Dijadwalkan tim verifikasi akan kembali bulan depan untuk verifikasi akhir. “Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah lokasi khususnya masuk kriteria penilaian Kabupaten/ Kota Sehat atau tidak,” jelasnya. 

Lebih lanjut Julianto juga menyampaikan apresiasinya atas prestasi Kota Bogor yang pada 2013 silam telah menyabet penghargaan Swatisaba Wiwerda. “Ada penambahan baru dua tatanan penilaian untuk Kota Bogor, yaitu tatanan lalu lintas sehat dan kawasan sosial sehat. Secara keseluruhan ada sembilan tatanan se Jawa Barat. Sementara dari 27 provinsi ada 17 yang masuk kriteria penilaian,” ungkap Julianto.

Sementara itu Usmar Hariman dalam kesempatan tersebut mengatakan 8 poin dari Millenium Development Goals (MDG’s) 2015 khususnya terkait persoalan masalah lingkungan hidup, baik dalam kapasitas penyediaan air bersih, maupun terkait dengan sarana prasarana sanitasi kota.

“Kota Bogor sudah melebihi target MDG’s yang dimaksud dari hasil paparan Bappenas beberapa waktu yang lalu,” jelasnya. Usmar juga berharap fungsi pengawasan dan pengendalian lingkungan yang sudah dilakukan Provinsi Jawa Barat untuk skala kota dapat terakumulasi secara nasional sehingga Provinsi Jawa Barat dapat masuk kategori provinsi sehat,” ujar Usman Hariman.

Tim verifikasi dijadwalkan menilai Kota Bogor mulai dari kawasan pedestrian menuju Stasiun Bogor, dan berlanjut ke Pasar Devris. Lokasi yang juga akan ditinjau diantaranya Puskesmas Pasir Mulya dan SMAN 5 Bogor,  Kecamatan Bogor Barat. ( Tim Humas) Editor : dkw