Beranda >

Berita > Kampung Labirin Bernuansa Sunda dan Keberagaman


02 Desember 2018

Kampung Labirin Bernuansa Sunda dan Keberagaman

Wali Kota Bogor, Bima Arya meresmikan Kampung Labirin bernuansa budaya sunda dan keberagaman yang berlokasi di Kebon Jukut, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Sabtu (1/12/2018).

Bima menuturkan, Kota Bogor adalah kota yang penuh dengan karakter. Di kota ini semua ada, mulai dari pusat pemerintahan, Kebun Raya dan Istana Presiden. Demikian pula nuansa metropolitan, nuansa kota hijau dan nuansa heritage.

Karakter yang paling lengkap ada di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, yakni kampung pluralisme karena semua agama ada disini, kampung yang semua warganya semangat berikhtiar secara ekonomi dan sosial.

Di kampung ini juga kata dia, banyak tempat bersejarah dan tempat ibadah. Disini juga semua warganya hidup berdampingan secara damai dan guyub sepanjang masa. “Itulah ciri khas kampung Kebon Jukut, Kelurahan Babakan Pasar,” ungkap Bima.

Selain itu, disini juga ada sungai Ciliwung yang nantinya akan menjadi kampung wisata air dan kampung tematik terintegrasi.

Ia menjelaskan, strategi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sekarang bukan saja membenahi pusat kota, tetapi hingga ke wilayah-wilayah. Strategi utamanya tidak cukup dengan APBD tetapi menghimpun semua potensi dengan cara berkolaborasi. Desainnya dari kampus, yang berada di lapangan komunitas, yang bergerak merencanakan kegiatan dinas dan yang mengangkat ke publik adalah media.

“Jadi semuanya akan berkolaborasi yang sering kami sebut poros harapan,” terang Bima.

Masih menurut Bima, kampung-kampung tematik ini kedepan akan menjadi pilot project untuk mensejahterakan warga. Begitu kampung ini hidup, infrastrukturnya rapi, warganya hidup berkualitas, titik-titik wisatanya menarik. Maka orang akan berbondong-bondong kesini dan kesejahteraan akan hadir disini.

Bima berharap ini langkah awal dan di desain sama-sama karena kampung ini mempunyai potensi yang luar biasa. Di kampung ini Lurah mempunyai program dengan nama yang unik-unik.

“Terima kasih kepada Yayasan Astra dan terminal hujan yang sudah hadir disini. Mari kita duduk sama-sama supaya program ini nyambung terus, membawa dampak bagi warga khususnya bagi Kota Bogor dan ada manfaatnya bagi kejayaan dan perkembangan perusahaan,” pungkasnya. (Humpro :Tria/Ismet-SZ)