Beranda >

Berita > Kota Bogor Terima Bantuan Mobil Operasional Satpol PP


04 Maret 2015

Kota Bogor Terima Bantuan Mobil Operasional Satpol PP

Kementerian Dalam Negeri menggelar peringatan HUT Satpol PP ke-65 dan Linmas ke-53 se-Indonesia di Lapangan Gazibu Bandung pada Selasa, (3/3). Tema yang diusung adalah “Dengan Semangat HUT Satpol PP ke-65 dan Linmas ke-53 kita tingkatkan kemampuanprofesional anggota dalam penegakan peraturan daerah, pembinaan ketertiban dan keamanan umum serta pemberian pertolongan kepada masyarakat”.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Menteri dalam Negeri, Tjahyo Kumolo dan Kasatpol PP Kota Bogor mendapatkan kepercayaansebagaikomandan upacara.Dalam amanatnya, Tjahyomengatakan, “Tugas Satpol PP adalah tugas yang mulia, karena melaksanakan perintah Undang-Undang dan Peraturan Daerah yang di putuskan kepala daerah atau Kemendagri”. Sehubungan dengan itu, sambung Tjahyo, kepala daerah harus memberi dukungan dengan sarana prasarana yang cukup.

Tjahyo merinci pelaksanaan tugas Satpol PP akan berjalan baik apabila ada koordinasi dengan Polri, TNI dan satuan-satuan lainnya. “Perkembangan sosial semakin meningkat, menuntut kepekaan, keseriusan, seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk bisa dan mampu menyerap serta melaksanakan aspirasi masyarakat. Satpol PP jangan mengedepankan kekerasan, ajak dialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham akan Undang-Undang dan Peraturan Daerah,” jelasnya.

FOTO 4

Tjahyo menyebut Satpol PP dan Linmas adalah wajah kepala daerah. Untuk itu, ia meminta Satpol PP dan Linmas harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada semua pihak agar setiap keputusan yang di ambil dapat terkoordinasi dengan baik.

“Satpol PP adalah PNS dengan kemampuan dan kewenangan yang tidak dimiliki PNS lain, bukan senjata wibawa kalian tapi wibawa adalah senjata kalian. Tingkatkan profesionalisme dan humanisme dalam setiap pelaksanaan tugas dan senantiasa mendekatkan diri dengan masyarakat membangun jejaring dan komunikasi dengan seksama polisi pamong praja di seluruh Indonesia,” tambah Tjahyo.

Pada kesempatan ini,Kota Bogorbersama dengan Kabupaten Cirebon, Kabupatem Sumedang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Kuningan menerima bantuan kendaraan operasional satu unit Toyota Hilux double Cabin dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Bantuan ini di terima secara simbolis oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

Perayaan dirgahayu Satpol PP ke-65 dan Linmas ke-53 di ikuti 2000 pasukan yang terdiri dari unsur Sapol PP, Linmas, Polri dan TNI di Jawa Barat. Di akhir upacara menampilkan atraksi-atraksi diantaranya, Drum Band siswa IPDN Gita Abdi Praja, atraksi simulasi dan evakuasi Waduk Jati Gede serta atraksi terjun payung. (Gus/Rahmat/Nisa)