Beranda >

Berita > Dana Kelurahan di Kecamatan Bogor Timur Prioritaskan Naturalisasi Ciliwung


22 Januari 2019

Dana Kelurahan di Kecamatan Bogor Timur Prioritaskan Naturalisasi Ciliwung

Tahun 2019 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mendapat kucuran dana kelurahan sebesar Rp 25 miliar dari pemerintah pusat. Setiap kelurahan diperkirakan akan mendapat bantuan sebesar Rp 370 juta yang akan digunakan untuk kegiatan fisik maupun non fisik.

“Silahkan ditentukan sesuai dengan ketentuan dasarnya maupun kegiatan yang mendesak,” kata Camat Bogor Timur, Adi Novan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Timur Tahun 2019 di Aula Kecamatan Bogor Timur, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Selasa (22/01/2019).

Hasil kesepakatannya untuk kelurahan di Bogor Timur yang dilalui Sungai Ciliwung diharapkan menyesuaikan program-program pembangunan naturalisasi Ciliwung.

“Saat ini kita sedang menata bagaimana menormalisasi Sungai Ciliwung. Kalau sudah bagus, kesehatan akan tumbuh disana dan perekonomian akan bangkit. Jadi saya harapkan bantuan Rp 370 juta yang akan diterima kelurahan nantinya dipergunakan semaksimal mungkin, utamanya kita prioritaskan untuk program penataan Sungai Ciliwung,” katanya.

Bantuan dari pemerintah pusat yang akan diterima sifatnya hampir sama dengan bantuan sarana prasarana (sarpras) yang diberikan Pemkot Bogor sebesar Rp 125 juta. Untuk itu dalam penggunaanya nanti ia meminta aparatur wilayah bersama masyarakat agar lebih fokus pada dua titik pembangunan sarpras di lingkungan masing – masing.

“Saya menghimbau agar para kelurahan mempersiapkan sumber daya untuk membantu Lurah dalam mengelola bantuan yang akan diterima,” ujar Adi Novan.

Sebelumnya, Adi Novan memaparkan Musrenbang tahun 2017 yang pelaksanaan fisiknya dilakukan tahun 2018, beberapa diantaranya bidang fisik meliputi perbaikan saluran air di 5 kelurahan, perbaikan jalan setapak di 6 kelurahan, pembangunan MCK. Di bidang sosial budaya ada bantuan peralatan kesenian di kelurahan Sindangsari dan di Katulampa pembangunan sarana parkir.

Untuk bidang pemerintahan ada pelayanan administrasi kependudukan, bidang ekonomi berupa pembinaan kelompok tani dalam bentuk bantuan bibit ikan di kelurahan Katulampa, pembentukan koperasi dan penambahan modal daging dan pembentukan bank sampah di Kelurahan Tajur. (Humpro:rabas/adt/Magang : sonya/ros-SZ)