Beranda >

Berita > Tiga Titik di Kecamatan Bogor Tengah Segera Dibenahi


25 Januari 2019

Tiga Titik di Kecamatan Bogor Tengah Segera Dibenahi

Saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Tengah, Wali Kota Bogor, Bima Arya memaparkan rencana pembenahan tiga titik di Kecamatan Bogor Tengah, yakni di Pasar Bogor dan sekitarnya, Stasiun Bogor dan sekitarnya serta normalisasi Sungai Ciliwung.

“Jika semuanya maksimal, sinkron dan sinergi, saya yakin ketika mempertanggungjawabkan pada masa akhir jabatan saya, semua pangling dengan perubahannya. Kecamatan Bogor Tengah akan menjadi kecamatan yang paling cantik karena merupakan etalase dan halaman Kota Bogor,” kata Bima di hadapan peserta Musrenbang di Aula Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (25/01/2019).

Di titik pertama kata Wali Kota adalah pembenahan Pasar Bogor. Rencananya akan dibangun fasilitas Park and Ride, disamping pembangunan ulang atau pembenahan Pasar Bogor yang dilengkapi dengan pembangunan ruang terbuka publik yang nyaman, adanya akses underpass bagi masyarakat dari Vihara Dhanagun hingga pintu masuk Kebun Raya Bogor.

Titik kedua adalah Taman Topi yang ke depan bakal dibangun menjadi ruang terbuka hijau yang terintegrasi dengan Masjid Agung dan Stasiun Kereta Bogor.

“Komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait diperlukan. Insya Allah anggarannya dari Pemprov Jawa Barat senilai Rp 15 miliar yang kita arahkan ke Taman Topi,” ujar Bima.

Terakhir di titik ketiga, yakni normalisasi Sungai Ciliwung yang menurutnya bakal menjadi lokasi yang tiada duanya di republik Indonesia, yaitu jalur wisata air dan kampung tematik terintegrasi, mulai dari Kampung Pulo Geulis hingga Sempur.

Kedepan pihaknya akan mengundang dan berkomunikasi secara khusus dengan dinas terkait mengenai rencana tersebut. Kepada semua dinas terkait ia meminta proses sinkronisasi program dimulai tahun ini sehingga pada 2020 semuanya sudah jelas.

“Khusus Taman Topi dan Pasar Bogor proses pembuatan Detail Engineering Design (DED) sudah dimulai,” katanya. (Humpro:rabas/adt/vika/annis-SZ)