Beranda >

Berita > Kecamatan Tanah Sareal Rebut Juara Umum MTQ


06 Maret 2015

Kecamatan Tanah Sareal Rebut Juara Umum MTQ

Lomba Musabqah Tilawatil Qur'an ke-34 tingkat Kota Bogor resmi berakhir dan ditutup Walikota Bogor Bima Arya, pada Kamis(5/3/2015). MTQ yang berlangsung selama dua hari ini menghasilkan juara umum yaitu kecamatan Tanah Sareal. "Kami bersyukur dan berbangga karena kecamatan Tanah Sareal jadi juara umum tahun ini," ujar Camat Tanah Sareal, Taufik.

Pada tahun sebelumnya, kecamatan Bogor Selatan keluar sebagai juara umum. Seperti diketahui, peserta yang mengikuti MTQ sebanyak 329 orang dengan rincian 72 orang mengikuti cabang tilawah, 110 orang mengikuti tahfidz atau hafalan Al Qur’an 1-5-10-20 juz, 70 orang mengikuti kaligrafi dekorasi, 70 orang mengikuti hiasan mushaf dan naskah, 30 orang mengikuti tartil qu’an dan qiraat, 9 orang mengikuti tafsir bahasa inggris, bahasa indonesia dan bahasa arab, serta cabang lainnya sebanyak 36 orang.

Dalam sambutannya, Bima menyampaikan rasa syukurnya karena seluruh rangkaian MTQ ke-34 berjalan dengan baik. "Saya bahagia dan terharu dengan kemeriahan yang ada. InsyaAllah ini menjadi titik pijak dari kebangkitan semangat kita untuk terus menguatkan pemahaman, penafsiran dan pelaksanaan dari ajaran Islam," kata Bima.

Mtq12

Menurut Bima, jumlah persentase buta huruf penduduk Kota Bogor adalah tidak lebih dari 1 persen dari satu juta. "Tetapi ketika saya menanyakan berapa persen penduduk Kota Bogor yang buta huruf Qur’an ? Jawabannya lebih dari 1 persen dari 1 juta, bahkan bisa 5 %. Maka dari itu, dengan pelaksanaan MTQ ini, terus kita pompa semangat untuk memberantas buta huruf Qur’an. Sehingga ke depannya tercipta generasi Islam yang bentul-betul memahami islam secara kaffah," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Bima pun mengucapkan selamat untuk kafilah kecamatan Tanah Sareal yang keluar sebagai juara umum. "Semoga pelaksanaan MTQ ini membawa barakah, manfaat dan kemaslahatan bagi kita semua.

Kehadiran saya, pak Wakil dan pak Sekda dalah bukti dari komitmen kami untuk terus mendukung MTQ di Kota Bogor,“ tambah Bima. Hadir dalam penutupan MTQ ke-34 antara lain Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman; Sekretaris daerah Kota Bogor; Ade Sarip Hidayat; Asisten Perekonomian Pembangunan & Kesejahteraan Rakyat, Toto M.Ulum, Ketua MUI Kota Bogor, Adam Ibrahim, dan Anggota DPRD Fraksi PKS, Nazamudin.(gus/rahmat)