Beranda >

Berita > Warga Jalan Kelenteng Dukung Rencana Bima Arya Tata Kawasan Suryakencana


14 Februari 2019

Warga Jalan Kelenteng Dukung Rencana Bima Arya Tata Kawasan Suryakencana

Rencana penataan kawasan Suryakencana mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. Hal tersebut seperti terlihat dalam audiensi warga Jalan Klenteng, Pasar Bogor, bersama Wali Kota Bogor Bima Arya di Balaikota, Kamis (14/2/2019).

Ya, revitalisasi pedestrian di Suryakencana pada tahun lalu rupanya hanya sebagian kecil dari seluruh konsep program perencanaan Pemerintah Kota Bogor dalam penataan Suryakencana jangka panjang. Tahun ini, Pemerintah Kota Bogor tengah mempersiapkan penataan selanjutnya kawasan Pecinan tersebut.

“Semua konsep penataan dikembalikan kepada keinginan warga agar rencana itu sesuai dengan harapan dan aspirasi warga,” ujar Bima Arya.

Bima menambahkan, sejumlah konsep penataan Suryakencana yang telah dibuat semata-mata agar kawasan pusat ekonomi tersebut bisa terlihat lebih cantik dan nyaman. Sehingga toko-toko yang berada di Surken kedepannya bisa buka toko hingga malam hari. Tidak seperti saat ini yang sore sudah pada tutup.

“Surya Kencana bisa menjadi primadona Kota Bogor dari segi penggerak ekonomi dan wisatanya. Maka dari itu harus ditata agar semuanya tertib,” tegasnya.

Ia pun memaparkan konsep penataannya. Mulai dari membangun pedestrian yang rapi hingga ke Gang Aut, memasang lampu di sepanjang jalan, agar Jalan Suryakencana terlihat lebih hidup terutama malam hari.

Selanjutnya akan dilakukan pembongkar Bogor Plaza dan mengubahnya menjadi taman. Sementara pedagangnya akan dikelompokkan sesuai dengan barang jualannya untuk kemudian ditata dan akan ada juga sebagian yang dipindahkan ke Pasar Jambu Dua, Pasar Sukasari dan Pasar Cumpok.

“Kami juga akan membuat tempat parkir khusus dan membangun jalan memakai paving block, bukan dengan aspal biasa, agar terlihat lebih cantik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT 02/07 Jalan Kelenteng Timotius mengatakan, ia dan warga sangat setuju dengan konsep penataan Suryakencana yang dipaparkan Wali Kota Bogor. Mengingat tujuan dari penataan kawasan ini akan berdampak baik bagi warga sekitar. Karena penataan ini memang menjadi keinginan warga sejak lama.

“Warga selama ini memang ingin adanya perubahan yang lebih rapi, tertib dan nyaman baik itu di Surya Kencana, maupun di sekitarnya yakni Jalan Roda dan Jalan Kelenteng,” pungkasnya. (Humpro :fla/hari/pri)