Beranda >

Berita > Bima Arya Tinjau Penghitungan Suara Hingga Pastikan Kesehatan Petugas


23 April 2019

Bima Arya Tinjau Penghitungan Suara Hingga Pastikan Kesehatan Petugas

Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau langsung gudang logistik penghitungan surat suara di Aula kantor Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (23/04/2019) siang. Selain memantau jalannya proses penghitungan, kedatangan Bima juga untuk memastikan kondisi kesehatan para petugas disana.

Menurut Bima, kunjungannya tersebut lantaran belakangan ini kerap terjadi petugas yang mengalami kewalahan sehingga memerlukan perawatan medis. Bahkan, di Kota Bogor sendiri saat ini terdapat dua orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dan delapan orang petugas lainnya menjalani perawatan di sejumlah Rumah Sakit.

“Karena di lapangan banyak petugas yang bertumbangan. Maka saya ingin memastikan suasananya bisa lebih baik. Sudah keluar surat edaran dari KPU juga bahwa proses penghitungan dibatasi hingga pukul 18.00 WIB,” ujar Bima usai melakukan tinjauan yang didampingi Camat Bogor Timur, Adi Novan.

Di lokasi, Bima juga mengecek kesiapan konsumsi bagi petugas dan mengecek kehadiran petugas kesehatan. Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sendiri telah berupaya maksimal untuk berkoordinasi dengan para Camat, para Lurah dan Dinas Kesehatan (Dinkes) guna dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Tapi menurut saya perbaikannya ini harus perbaikan sistem. Data terakhir ada dua orang petugas KPPS meninggal dunia, sekitar delapan orang sakit. Satu orang koma dan satu orang lagi lambungnya kritis. Kita pantau terus, setiap hari kita monitor,” tegas Bima.

Di lokasi yang sama, Camat Bogor Timur, Adi Novan menyampaikan bahwa para petugas di kantornya tersebut telah melangsungkan proses penghitungan suara. Saat ini terdapat dua Kelurahan yang sudah selesai melangsungkan proses penghitungan surat suara, yakni Kelurahan Tajur dan Kelurahan Sindangsari. Sementara Kelurahan Katulampa, Sukasari dan Baranangsiang baru setengah jalan proses penghitungan.

“Update terakhir sampai dengan kemarin kita sudah ada dua kelurahan selesai. Untuk Sukasari dan Baranangsiang baru mulai dihitung tadi pagi. Sementara Kelurahan Katulampa sudah setengah jalan proses penghitungannya. Kita targetkan selesai itu diupayakan dalam 12 hari. Jadi kemungkinan tanggal 1 dan 2 Mei 2019 selesai proses penghitungan,” katanya. (Humpro :Alif/Adit-SZ)