Beranda >

Berita > Balkot Fest akan Digelar Pertengahan Juli 2019, Ada Apa Saja?


14 Juni 2019

Balkot Fest akan Digelar Pertengahan Juli 2019, Ada Apa Saja?

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor akan menggelar Balkot Fest pada pertengah Juli 2019. Nama Balkot Fest ini dipilih Wali Kota Bogor Bima Arya karena lokasi diselenggarakannya festival tersebut akan dilangsungkan di Plaza Balai Kota Bogor, Jalan Ir. Juanda, Bogor Tengah.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan (Sosbudpem) pada Bappeda, Rudiyana, mengatakan Bogor Fest akan mengusung tiga agenda besar sekaligus, yakni Istana Open yang merupakan kegiatan rutin tahunan setiap Hari Jadi Bogor, lalu pameran dan pelayanan mobile yang diikuti sejumlah dinas, BUMD, dan stakeholder terkait. “Agenda besar ketiga yakni menampilkan pertunjukan seni, budaya, musik," ungkap Rudi.

Ia menambahkan, semua agenda tersebut tentunya memiliki tujuan masing-masing. Istana Open dengan kegiatan berkunjung ke Istana Bogor untuk mengajak masyarakat bisa melihat Istana dari dekat.

Tujuan yang sama juga ada di agenda kedua yakni pameran dan pelayanan mobile. Disini semua hasil program dari dinas, BUMD akan dipublikasikan kepada warga. Tak hanya itu, akan dipamerkan pula produk-produk binaan dinas yang sudah berhasil dipasarkan.

"Kami juga akan menginformasikan kepada publik proyek strategis apa dan rencana pembangunan apa saja untuk kedepan yang akan dilakukan Pemkot Bogor termasuk untuk menyerap aspirasi dari warga," jelasnya.

Ia melanjutkan, di pelayan mobile kami menyiapkan mobil curhat dari Dinas Kesehatan yang siap memfasilitasi masyarakat untuk melakukan layanan konsultasi kesehatan gratis, mobil pelayanan KTP-el, mobil pelayanan pajak dan mobil perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk pengunjung anak-anak.

Sementara tujuan agenda ketiga yakni memberikan wadah bagi seluruh komunitas, difabel dan lainnya tampil didepan khalayak publik. "Kita juga akan menyediakan workshop singkat dari pakarnya misalkan seperti workshop kerajinan dari sisa sampah plastik sekaligus mengedukasi warga bahwa sampah bisa didaur ulang dan dapat bermanfaat," bebernya.

Tak hanya sampai disitu, kemeriahan Balkot Fest akan semakin terasa dengan hadirnya Go-Food Festival yang akan coba dikerjasamakan. Pasalnya, Pemerintah Kota Bogor sudah mempunyai kerjasama dengan Gojek, Bukalapak dan lainnya. Rencananya pula sesuai dengan arahan dari Wali Kota Bogor akan ada stand cafe-cafe yang berada di area utama Balaikota.

"Acara ini akan diselenggarakan sampai malam karena ini event besar karena kami berharap Balkot Fest ini juga dapat dimanfaatkan publik baik itu warga Kota Bogor ataupun warga diluar Kota Bogor," pungkasnya. (Humpro fla/indra/gian/pri)