Beranda >

Berita > 1.000 Jamaah Calon Haji Ikuti Manasik di Kota Bogor


18 Juni 2019

1.000 Jamaah Calon Haji Ikuti Manasik di Kota Bogor

Sebanyak 1.000 jamaah calon haji Kota Bogor, mengikuti Manasik Haji massal tingkat Kota Bogor tahun 1440 H/2019 di Masjid Raya Al Mi’raj, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (18/6/2019).

Plt. Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor, Dody Ahdiat yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan Pemerintah Kota Bogor senantiasa memberikan dukungan bagi pelaksanaan ibadah haji bagi warga Kota Bogor yang telah terdaftar untuk memenuhi panggilan ke Tanah Suci.

Dukungan yang dimaksud Dody adalah dalam bentuk dana hibah sebesar Rp 240 juta diberikan Pemkot Bogor kepada kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor untuk penyelenggaraan ibadah haji, mulai dari pelaksanaan pelatihan manasik, pemberangkatan hingga pemulangan para jamaah haji ke Tanah Air.

“Berdasarkan informasi, ada tiga kloter jamaah haji asal Kota Bogor yang menurut rencana mulai diberangkatkan pada Juli 2019. Semoga para jamaah calon haji Kota Bogor diberikan kesehatan, mulai dari keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air,” ungkap Dody

Ia berharap, bagi panitia penyelenggara agar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi para jamaah haji Kota Bogor, mulai dari persiapan, pemberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci hingga kembali ke tanah air. Persiapan lain berupa pembinaan bagi para Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) juga dilakukan guna memastikan para calon jamaah haji memiliki bekal yang cukup, khususnya ilmu.

Kegiatan Manasik Haji Massal tingkat Kota Bogor Tahun 1440 H/2019 M secara resmi dibuka Kepala Kementerian Agama Kota Bogor Ansurullah, yang berpesan agar jamaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan dan mengikuti manasik yang akan dilaksanakan berikutnya di tingkat kecamatan.

Kepada para jamaah juga diberikan materi-materi yang bisa dijadikan bekal, diantaranya Ade Sarmili yang menyampaikan tentang kebijakan-kebijakan dan dr Oki Kurniawan dari UPTD Puskesmas Bogor Utara pada Dinas Kesehatan Kota Bogor yang menyampaikan materi tentang kesehatan. (Humpro:rabas/hari/pri)