Beranda >

Berita > 38 Kepala Daerah Sepakat Percepat e-budgeting


27 Maret 2015

38 Kepala Daerah Sepakat Percepat e-budgeting

Orientasi Kepemimpinan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (OKPPD) angkatan Ke-1 Tahun 2015 yang diikuti Walikota Bogor, Bima Arya, resmi berakhir pada Jum’at (27/3). Sejumlah rekomendasi penting disampaikan dari forum yang dihadiri 38 peserta ini.

Salah satunya adalah kesepakatan para peserta untuk mempercepat pelaksanaan e-budgeting di seluruh Indonesia. Juga agar pemerintah pusat konsisten dalam pemberian reward/punishment terkait ketepatan perencanaan dan penetapan APBD. “e-budgeting akan meningkatkan kualitas partisipasi politik, karena intinya e-budgeting membuat semua warga negara jadi penting dan dipentingkan,” jelas Bima yang juga terpilih menjadi ketua angkatan.

Terkait kepegawaian/ASN, para peserta merekomendasikan agar pemerintah pusat meninjau kembali aturan mengenai perpanjangan usia pensiun bagi PNS pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “Ini untuk mendorong regenerasi dan penyegaran dalam pemerintah daerah. Kami berharap ada peraturan perundangan yang dapat dijadikan panduan dalam penyediaan posisi bagi pejabat struktural yang tidak lolos seleksi terbuka,” terangnya.

OKPPD sendiri adalah kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan tujuanuntuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan, sikap dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. OKPPD berlangsung pada 09 Maret – 27 Maret 2015 di di Gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Peserta OKPPD terdiri dari Walikota, Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati,Ketua DPRD Kab/Kota yang baru menjabat satu hingga dua tahun. Peserta orientasi memilih Walikota Bogor sebagai Ketua Angkatan I OKPPD Tahun 2015 dan Muhammad  Irwansyah (Walikota Pangkal Pinang) sebagai Sekretaris. ARW( Tim Humas)