Beranda >

Berita > PKK Lampung Barat Belajar Pemberdayaan Masyarakat ke Kota Bogor


22 Juli 2019

PKK Lampung Barat Belajar Pemberdayaan Masyarakat ke Kota Bogor

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima kunjungan kerja Tim Penggerak PKK Lampung Barat. Rombongan diterima Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (22/07/2019).

Dalam sambutannya, Dedie mengungkapkan, secara de facto Kota Bogor adalah Ibu Kota negara Republik Indonesia, karena Presiden RI tinggal dan berkantor di Kota Bogor. Jika dibandingkan dengan Lampung Barat luas wilayah Kota Bogor jauh lebih kecil atau tidak mencapai 10 persen dari Lampung Barat.

Namun demikian Kota Bogor kata Dedie memiliki sejarah lebih panjang, usianya hampir mencapai 537 tahun. Memiliki banyak bangunan bersejarah termasuk Istana Presiden. “Oleh karena itu Bogor menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan,” ujarnya.

Kota Bogor tahun 2019-2024 mempunyai Visi kota ramah keluarga dengan Misi mewujudkan kota yang sehat, cerdas dan sejahtera. Sedangkan terkait maksud dan tujuan kunjungan TP PKK Lampung Barat, Dedie mempersilahkan Ketua Pokja III TP PKK Kota Bogor untuk menjelaskan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Lampung Barat, Partinia Parosil Mabsus menjelaskan maksud dan tujuannya. Kunjungan ke Kota Bogor adalah untuk menimba dan ilmu berbagi pemberdayaan masyarakat. TP PKK Kota Bogor menurutnya sudah jauh lebih maju dari Lampung Barat. "Oleh karena itu hari ini kami ingin mengetahui bagaimana kiat-kiat sehingga bisa maju seperti sekarang," katanya.

Partinia menyebutkan, Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten dari 15 kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Mata pencaharian pokok masyarakat disana sebagai petani dan petani kopi.

Kabupaten Lampung Barat mempunyai program unggulan yaitu sebagai konservasi KB dan Kabupaten Literasi. "Mudah-mudahan dengan kunjungan ini kami memperoleh banyak ilmu sekaligus bisa sharing, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat," katanya.

Turut hadir pada kesempatan itu Kabid PUEM TTG DPMPPA Kota Bogor Iwan Hermawan, Camat Bogor Selatan Atep Budiman, Ketua Pokja III TP PKK Kota Bogor, Ketua TP PKK Kecamatan Bogor Selatan dan OPD terkait lainnya. (Humpro :Tria/Adit/Kay PKL-SZ)