Beranda >

Berita > Kota Bogor Rujukan Pelanggan PDAM Nasional


30 Maret 2015

Kota Bogor Rujukan Pelanggan PDAM Nasional

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) seIndonesia diharapkan bisa memperkuat hubungan dan kerjasama untuk mencapai Sistem Pelayanan Air Minum (SPAM) Paripurna. Ini dimaksudkan agar kinerja perusahaan air bersih milik setiap pemerintah daerah bisa terus digenjot, sehingga penyediaan kebutuhan air di masyarakat bisa terpenuhi.  

Hal tersebut mengemuka dalam Lokakarya Menuju Sistem Pelayanan Air Minum Paripurna di Ruang Rapat Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Jumat (27/3).Pertemuan ini diikuti oleh PDAM dan Forum Komunikasi Pelanggan PDAM dari sejumlah wilayah di tanah air.  

Ketua Umum Forum Komunikasi Pelanggan Air Minum Nasional (Forpamnas) Tun Tedja Irawadi menyebutkan keterikatan PDAM dan pelanggannya sangat perlu ditingkatkan. Namun, dia juga berharap pemerintah daerah di mana PDAM tersebut beroperasi juga harus memberikan dukungan penuh. Karena sangat mustahil sebuah perusahaan daerah dapat bertahan, tanpa ada dukungan dari stakeholder.

“Melalui lokakarya ini,  Pemda, DPRD, PDAM dan forum pelanggan dari beberapa daerah duduk bersamadan memikirkan bagaimana membentuk sistem pelayanan air minum yang paripurna, atau tanpa salah. Karena ada beberapa daerah yang PDAM dengan DPRD atau pelanggannya tidak nyambung. Ini kan bahaya,” kata akademisi IPB ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono memuji kinerja PDAM Tirta Pakuan di bawah kendali Untung Kurniadi. Politisi Partai Golkar ini melihat, ada kemajuan yang tercapai. Ini nampak dari tambahan sejumlah fasilitas untuk kepuasan pelanggan. Komunikasi dengan pelanggannya pun disebut Heri sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Saya tahu, hubungan PDAM Kota Bogor dan pelanggannya sudah terjalin cukup erat. Tapi tetap harus ditingkatkan. Bila perlu, forum pelanggan ini harus menjadi corong bagi setiap progam perusahaan dan aspirasi dari pelanggan. Sehingga ada komunikasi timbal balik,” kata alumnus Fakultas Kehutanan IPB ini.

Tenaga Ahli Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Agus Sunara bahkan mengusulkan ada roadshow forum komunikasi pelanggan PDAM. “Kalau forum pelanggan sudah terbentuk seluruhnya di Indonesia, forum ini bisa keliling Indonesia. Saling bertukar pikirian. Dan Kota Bogor bisa jadi salah satu tujuannya,” kata Agus.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PDAM Kota Bogor Untung Kurniadi, Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Bogor Tri Irianto, PDAM seJabodetabek, Banten, Sukabumi dan Cianjur, serta perwakilan Forpamnas dari Banjarmasin, Solo, Brebes dan Jakarta.(lani/tria)