Beranda >

Berita > 188 Kepala Sekolah Ikuti Diklat yang Digelar Disdik Kota Bogor


02 September 2019

188 Kepala Sekolah Ikuti Diklat yang Digelar Disdik Kota Bogor

Sebanyak 188 kepala sekolah mulai dari tingkat TK, SD hingga SMP se-Kota Bogor mengikuti program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Bogor di Hotel Grand Mutiara, Jalan Raya Puncak Megamendung, Bogor, Senin (2/9/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat secara resmi membuka Diklat tersebut. Menurut Ade Sarip, program penguatan ini merupakan kewajiban bagi seorang kepala sekolah.

"Kepala sekolah adalah tugas tambahan bagi seorang guru, yang dipercaya untuk memimpin dan mengelola sekolah demi kepentingan pendidikan," ujar Ade yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin.

Ade menambahkan, ada empat fungsi yang harus dilakukan. Pertama fungsi manajerial, di mana setiap kepala sekolah harus mampu memberi nuansa nyaman dan aman bagi warga sekolah. Kedua, fungsi perencanaan yang akan mempengaruhi setiap mimpi, misi dan visi sekolah dari kepala sekolah didukung semua warga sekolah.

"Selanjutnya yang ketiga, fungsi pengawasan untuk memastikan apa yang direncanakan oleh bapak dan ibu dapat berjalan maksimal. Keempat adalah fungsi dukungan sosial yang memang diperlukan sebagai bentuk kolaborasi," lanjut Ade.

Di akhir diklat, para peserta diharuskan membuat laporan berupa proyek perubahan yang akan diimplementasikan di sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin, menuturkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para kepala sekolah di Kota Bogor. “Disamping itu bertujuan untuk memperdalam pengetahuan para kepala sekolah dalam mengelola sekolah,” katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jana Sugiana yang menjadi ketua panitia diklat menjelaskan program tersebut diselenggarakan dalam dua angkatan. Untuk angkatan pertama dilaksanakan dari 2-12 September 2019 dengan peserta berjumlah 89 orang. Untuk angkatan kedua akan berlangsung pada 5-12 September 2019 dengan jumlah peserta 89 orang.

Dalam diklat tersebut akan dihadirkan para narasumber dari Pemerintah Kota Bogor, Lembaga Pendidikan Pelatihan Kepala Sekolah (LPPKS) , BKPSDA dan perwakilan Universitas Ibnu Khaldun Bogor. (Humpro:rabas/hari/pri)