Beranda >

Berita > Pemdaprov Jabar Akan Tambah Unit Bus Wisata untuk Kota Cirebon


15 September 2019

Pemdaprov Jabar Akan Tambah Unit Bus Wisata untuk Kota Cirebon

KOTA CIREBON -- Berbagai kabar positif disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat melakukan Subuh Berjamaah di Masjid At Taqwa Kota Cirebon, Minggu (15/9/19).

Dihadapan ratusan jemaah, Ridwan Kamil mengatakan bahwa revitalisasi Alun-alun Kejaksan yang rampung akhir tahun 2020 akan menjadikan alun-alun di pusat Kota Udang ini sebagai alun-alun terbaik yang direvitalisasi melalui program Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat.

"Revitalisasi Alun-alun Kejaksan ini saya kira yang paling baik dari semuanya karena Wali Kota (Cirebon) rutin mengawasi. Mudah-mudahan selesai di akhir Desember 2020 dan bisa tahun baruan Masehi di sini," ujar Ridwan Kamil.

Berikutnya, gubernur yang akrab disapa Emil ini berujar bahwa Bus Wisata di Kota Cirebon yang bernama Citros (Cirebon Tourism on Bus) akan ditambah. Saat meluncurkan program Bus Wisata akhir tahun lalu, Pemdaprov Jabar sendiri memberikan satu unit Bus Wisata kepada Kota Cirebon dari 13 unit yang ada.

Di tahap kedua, Kota Cirebon kembali mendapatkan Bus Wisata karena mampu menjadikan Citros sebagai atraksi baru yang selalu dipadati wisatawan. Pengelolaan Bus Wisata pun, kata Emil, dinilai sangat baik. "Bus pariwisata Citros nanti kami tambah karena memang perkembangan dan pengelolaannya bagus," ucap Emil.

"Cita-cita saya Cirebon jadi kota tamu pariwisata yang menyenangkan, tidak hanya wisata dunia tapi juga wisata religi," tambahnya.

Selain itu, Emil mengatakan bahwa proyek Creative Center alias pusat kreatifitas anak muda di Kota Cirebon akan selesai tahun depan. Program Layad Rawat juga tak luput mendapat apresiasi dari Emil karena berhasil meningkatkan derajat kesehatan warga Cirebon.

"Pogram Layad Rawat yang sudah di-launching ini saya kira membuat kualitas kesehatan warga Cirebon meningkat," ujar Emil.

Berikutnya, Emil menyampaikan soal kawasan Segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) yang akan dijadikan Special Economic Zone (SEZ)/Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan diproyeksi akan menyerap jutaan pekerja lokal.

"Rebana sudah masuk ke meja Presiden, akan jadi kawasan futuristik Jabar. Rebana adalah mesin yang akan bisa menyerap tiga juta pekerja warga Cirebon," ujarnya mengakhiri.( Humas dan Protokol Setda Jabar )