Beranda >

Berita > Penataan Kawasan Suryakencana Dimulai Lagi, Pedagang Jalan Bata Direlokasi


19 September 2019

Penataan Kawasan Suryakencana Dimulai Lagi, Pedagang Jalan Bata Direlokasi

Pemerintah Kota Bogor kembali memulai penataan kawasan Suryakencana tahap dua. Tidak hanya pedestrian yang direvitalisasi tetapi mencakup juga penataan Pasar Bogor dan sekitarnya dengan melakukan penertiban PKL di Jalan Bata yang menghubungkan Jalan Roda dengan Suryakencana, Kamis (19/9/2019).

Puluhan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor, Dinas Perhubungan, TNI/Polri dan jajaran PD Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor diturunkan dalam penertiban para pedagang dan parkir. Rencananya, jalan tersebut akan difungsikan menjadi pusat kuliner malam.

Terlihat, di jalan sepanjang kurang lebih 200 meter itu sudah dipagari seng sebagai penanda pembangunan akan segera dimulai.

Kepala Satpol PP Kota Bogor Heri Karnadi mengatakan, penertiban Jalan Bata menjadi rangkaian penataan fisik jalan Suryakencana, yang sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Namun baru bisa dimulai sekarang mengingat pekerjaan utama revitalisasi Pedestrian sebelah kiri yang akan segera dikerjakan.

"Akan berubah secara fisik, yang tadinya digunakan pedagang basah dan sayur akan diubah menjadi pusat kuliner malam hari termasuk tujuh gang di sepanjang Surken," ujarnya.

Heri menuturkan, Jalan Bata dipastikan kosong dari pedagang dan parkir. Pasalnya dari beberapa Minggu yang lalu Pemerintah Kota Bogor sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang melalui tiga sampai empat kali pertemuan. Sehingga diputuskan pedagang yang berjualan pada siang hari, dipindah ke bawah terowongan Plaza Bogor Jalan Roda, sedangkan parkir motor dipindah ke atas balkon Pasar Bogor. Sedangkan pedagang yang malam, dipindah ke sebelah Klenteng.

"Kita sudah siapkan tempatnya, tinggal pindah. Hari ini pembersihan, hari berikutnya mulai penggalian, drop alat berat. Ini penanda juga bahwa ada pembangunan karena target pembangunan pusat kuliner rampung Desember mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD PPJ Muzakkir menuturkan, jumlah pedagang yang biasa berjualan di Jalan Bata ada 56 pedagang siang dan 114 pedagang malam yang sudah direlokasi dengan lancar. Karena semua pedagang menerima dengan baik relokasi ini.

Ia menambahkan, saat ini sedang dilakukan penataan lantai tiga Pasar Bogor yang nantinya akan menjadi lokasi pemindahan para pedagang. Penempatan di lantai tiga bukan tanpa alasan, sebab berdekatan dengan tempat parkir, sehingga memudahkan penjual dan pembeli.

"Target selesainya sekitar tiga bulan lagi karena program penataan ini sudah direncanakan dari lama," pungkasnya. (Humpro :fla/adit/hari/ismet/arvan/pri)