Beranda >

Berita > Logo, Maskot dan Mars Jamcab VI Kota Bogor Resmi Dilaunching


21 September 2019

Logo, Maskot dan Mars Jamcab VI Kota Bogor Resmi Dilaunching

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat secara resmi melaunching logo, maskot dan lagu mars Jambore Cabang (Jamcab) VI Kota Bogor Tahun 2019 di SMKN 1 Kota Bogor, Jalan Heulang, Kecamatan Tanah Sareal, Sabtu (21/09/2019).

Sebelum acara launching dilaksanakan pelantikan unit protokol Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor.

Rasa bangga diungkapkan Ade Sarip Hidayat kepada semua jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor. Semoga logo, maskot dan lagu mars Jamcab VI Kota Bogor mampu memberikan semangat bagi semua pihak yang bergerak di kepramukaan Kota Bogor.

Logo Jamcab Ke-VI Tahun 2019 menggambarkan ikon-ikon yang ada di Kota Bogor. Mulai kijang atau uncal, Tepas Salapan Lawang Dasakerta, lambang WOSM, talas dan lainnya. Ini semua tentang kebanggaan Kota Bogor.

Logo tersebut diciptakan oleh Abuzar Gafirli Ramadhan, sedangkan filosofinya digagas oleh M. Arief Rohman. Keduanya merupakan anggota Pramuka Penegak yang berasal dari Gudep Kota Bogor 02.031 pangkalan MAN 2 Kota Bogor Kwartir Ranting Bogor Timur.

Kemudian untuk maskot, dinamai UNBO (Unchal Bogor). Maskot ini, diciptakan oleh Kak Lina. Sedangkan filosofinya digagas oleh Kak Yudi. Keduanya merupakan Andalan Bina Muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor masa bakti 2015-2020.

Mereka juga menciptakan Lagu mars yang berjudul Bogor Berlari Meraih Prestasi dengan Penata musiknya adalah kak M. Hilman Sulaeman, Pembina Pramuka dari Gudep 02.031 pangkalan MAN 2 Kota Bogor.

"Jambore itu pesta bagi anggota pramuka, riang gembira namun tetap diwarnai dengan aktivitas teknik kepramukaan (tekpram). Jamcab ke-VI akan dihadiri 4 hingga 5 ribu anggota pramuka Kota Bogor. Ini menandakan cinta pada pramuka cukup bagus dan tidak boleh ada anggota pramuka yang mencoreng prinsip-prinsip kepramukaan," kata Kak Ade sapaan akrabnya usai launching.

Dengan peran dan fungsinya, Gerakan Pramuka Kota Bogor diharapkan Kak Ade mendukung pembangunan di Kota Bogor, membuat masyarakat sehat, cerdas dan sejahtera. Kak Ade juga meyakini lewat kegiatan pendidikan yang ada dalam kepramukaan dapat mempercepat tujuan tersebut terwujud.

Selain itu, melalui satuan karya (saka) di kepramukaan, akan dilaksanakan beragam kegiatan edukasi.

Jambore Cabang Ke-VI Kota Bogor tahun 2019 akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai 2-5 Oktober 2019 yang berlokasi di Jalan Letkol Atang Senjaya, Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Hadir mendampingi Kak Ade, Ketua Pelaksana Jamcab VI Kota Bogor, Hanifah dan Wakil Ketua Bidang Kegiatan, Yudiansyah.

"Tema Jamcab VI Kota Bogor adalah Bogor Berlari Meraih Sejuta Prestasi. Terinspirasi dari program Pemerintah Kota Bogor, Bogor Berlari. Setiap kecamatan diwajibkan mengirim 7 regu pramuka penggalang yang masing-masing terdiri dari 10 anggota pramuka dan dua regu masing-masing terdiri dari 6 anggota pramuka luar biasa atau berkebutuhan khusus," kata Hanifah.

Pelaksanaan Jamcab Ke-VI 2019 merupakan Jamcab kedua yang diselenggarakan di Kota Bogor. Secara umum kegiatan Jamcab VI Kota Bogor terbagi menjadi tiga, mulai dari kegiatan umum, pilihan dan khusus.

Rencananya Wali Kota Bogor, Bima Arya selaku Ketua Mabicab Kota Bogor akan ikut berkemah bersama-sama dengan anggota pramuka Kota Bogor dalam rangka memberikan motivasi dan semangat. (Humpro:rabas/hari-SZ)

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk