Beranda >

Berita > Jabar Raih Tiga Penghargaan Dalam Gelar TTG Nasional 2019


22 September 2019

Jabar Raih Tiga Penghargaan Dalam Gelar TTG Nasional 2019

BENGKULU – Inovasi bernama Desa Juara yang digagas Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat sudah menunjukkan hasilnya. Hal itu terbukti dari tiga penghargaan yang diraih Jawa Barat dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI di Bengkulu, Minggu (22/9/19).

Penghargaan pertama didapatkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai Kepala Daerah Terbaik atas pembinaan kepada Inovator TTG dan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek). Kemudian, Inovasi Alat Teknologi Solid Tech Coffe dari Kabupaten Kuningan keluar sebagai juara TTG Inovasi tingkat Nasional. Penghargaan terakhir diraih Posyantek Artamanggala sebagai Posyantek Berprestasi.

Ketiga penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putri Sandjojo kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Prov. Jabar Dedi Supandi.

“Penghargaan yang diraih Pak Gubernur menunjukkan bahwa beliau sukses membina, momotivasi dan memunculkan inovasi-inovasi baru di desa, baik melalui alat, program, maupun regulasi. Ketiga indikator itu yang menjadi dasar penilaian, sesuai hasil penilaian Kementerian Desa dan PDTT dalam kurun Juli - Agustus 2019,” kata Dedi.

Menurut Dedi, penghargaan yang didapat menunjukkan bahwa konsep Desa Juara dapat membuka peluang dan menggeliatkan pegiat teknologi di desa. Dengan begitu, kata dia, masyarakat desa dapat mengembangkan potensi di wilayah melalui peningkatan teknologi.

“Penerapan TTG akan berjalan lurus dengan pemberdayaan masyarakat desa. Artinya, semakin teknologi berkembang, pemberdayaan akan terus meningkat. Hal itu pula yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa,” ucapnya.

“Kita punya program One Village One Company (OVOC). Nanti bisa saja TTG yang merupakan inovasi masyarakat Jabar diterapkan oleh setiap Badan Usaha Milik Desa untuk meningkatkan produksi ekonomi di masyarakat desa,” tambahnya.

Dedi juga menyatakan, pihaknya akan terus mengembangkan TTG. Nantinya, kata dia, semua desa di Tanah Pasundan memiliki teknologi yang berguna untuk pemberdayaan masyarakat, baik di sektor ekonomi, kesehatan, maupun pariwisata.

“Harapannya adalah teknologi yang mendapatkan penghargaan TTG akan kita kembangkan dan diterapkan di desa-desa,” katanya.

“Contohnya adalah Inovasi Timbangan Posyandu hasil inovasi Juara TTG tahun lalu dari Kota Bandung yang sekarang kita telah bagikan ke beberapa Posyandu di Jawa Barat, di mana dengan timbangan inovasi tersebut balita yang mengajak orang tua ke Posyandu dan bahkan setelah duduk di timbangan Posyandu, mereka tidak mau turun,” ucap Dedi mengakhiri.

Gelar TTG sendiri merupakan instrumen bagi inovator untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal. Dalam penilainnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan rhe-checking langsung ke Posyantek.( Humas dan Protokol Setda Jabar )