Beranda >

Berita > Paparkan 17 Inovasi, Dedie Rachim Optimistis Kelurahan Gunung Baru Raih Poin Maksimal


20 November 2019

Paparkan 17 Inovasi, Dedie Rachim Optimistis Kelurahan Gunung Baru Raih Poin Maksimal

Berkunjung ke Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Tim Penilai Provinsi Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) dalam Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) - Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) - Kesehatan tingkat Jabar, Rabu (20/11/2019).

Kedatangan tim disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian, dan Wakil Ketua TP PKK Kota Bogor Yantie Rachim di Aula RW 13, Kelurahan Gunung Batu.

Tim melakukan penilaian terhadap Kelurahan Gunung Batu yang lolos mewakili Kota Bogor di tingkat provinsi.

Dedie Rachim menyebut, Tim Penggerak PKK Kelurahan Gunung Batu telah memaparkan 17 inovasi yang ada di tempatnya. Seluruh inovasi itu, menurut Dedie, akan bermuara pada bagaimana upaya bersama dalam mensejahterakan warga.

"Jadi inovasi yang dilakukan diantaranya terkait dengan bidang kebersihan, bidang kewirausahaan, dan lainnya. Tujuannya adalah bagaimana kesungguhan setiap kelurahan di Kota Bogor ini dapat mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat mensejahterakan masyarakat," ungkap Dedie.

Setelah melihat seluruh inovasi yang dipaparkan PKK Kelurahan Gunung Batu, Dedie optimistis inovasi dan kegiatan di lokasi tersebut akan mendapatkan nilai yang maksimal.

"Kalau saya lihat, Insya Allah Kelurahan Gunung Batu ini akan meraih nilai yang maksimal dan mudah-mudahan bisa menjadi juara di tingkat Provinsi," harapnya.

Informasi yang didapat, 17 inovasi yang dipaparkan PKK Kelurahan Gunung Batu antara lain Masyarakat taat kerja bakti (Martabak), Rumah Konseling Anak Remaja (Ruko Aja), Gerakan Remaja Gemar Membaca (Gemerca), Sadar lingkungan ekonomi mandiri (Seledri), Gerakan Usaha Pengrajin Bumbu (Gehu Pake Bumbu), Komunitas Lansia Pengrajin Batu Taman (Kolam Batman), Gerakan bersih sampah dan bersih lingkungan tanami pekarangan (Gelisah Berlinang).

Selain itu, Gerakan sedekah sampah (Gede Upah), Bertani tanpa lahan dengan Hydroponik (Bertahan Panik), Sayuran untuk keluarga (Sayaga), Bersih sehat dengan kakus aman (Berseka), Tangkap leungitkeun nyamuk (Talenan), Bebas tanpa rokok (Batako), Komunitas pendukung asi nyaah incu (Kompas Nyai), Kontrasepsi dominan bersih aman dan terpercaya (Kondom Bercahaya), dan Ngajar lansia berdaya (Ngalanda). (Humpro :Alif/Ryan/pri)