Beranda >

Berita > Kabupaten Mentawai Pelajari Bogor Green Room


18 April 2015

Kabupaten Mentawai Pelajari Bogor Green Room

Inovasi Bogor Green Room (BGR) yang dimiliki Pemkot Bogor telah menarik perhatian daerah lain. Adalah rombongan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sengaja mengadakan kunjungan kerja untuk mencari tahu sistem kerja perangkat ini, Jum’at (17/4/2015). Rombongan yang berjumlah 9 orang tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius. Kunjungan kerja diterima Walikota Bogor Bima Arya didampingi Kepala Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor Asep Zaenal Rahmat. Acara berlangsung di Ruang Rapat III Balaikota Bogor.

Dalam sambutannya, pimpinan rombongan Kortanius menyampaikan pihaknya ingin mendapatkan referensi tentang pemanfaatan IT. "Kebetulan kami baru membangun kerjasama dengan Telkom, tentunya kerjasama ini bisa dimanfaatkan dan membantu pekerjaan kita di berbagai bidang," ujarnya.

mentawai12

Bima Arya kemudian menjelaskan kepada rombongan yang hadir bahwa konsep BGR hadir mengantisipasi permasalahan ke depan yang makin kompleks. "SDM (Sumber Daya Manusia) dan anggaran kota terbatas, karena itu pemecahannya adalah dengan memanfaatkan teknologi," jelasnya.

Menurut Bima pemanfaatan teknologi ini memiliki beberapa target. Pertama untuk efesiensi, dimana alat ini dapat memantau 40 titik sehingga tidak perlu blusukan setiap saat. Kedua untuk transparasi, dimana setiap orang termasuk warga nantinya bisa mengakses berbagai macam data yang tersedia. Yang terakhir adalah untuk partisipasi, dimana warga memiliki hak untuk ikut serta dalam proses-proses pembangunan di Kota Bogor seperti lewat pengaduan terintegrasi.

Sementara itu kepala Kantor Kominfo Kota Bogor Asep Zaenal Rahmat mengatakan pemanfaatan teknologi ini merupakan satu langkah untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai kota yang cerdas dan berwawasan teknologi dan komunikasi. "Untuk itu harus kreatif, sehat, terkoneksi, transparan dan cerdas," jelasnya. (Ismet) editor : dkw