Beranda >

Berita > Pembangunan Bogor Creatif Hub Ditargetkan Rampung Tahun Ini


20 Januari 2020

Pembangunan Bogor Creatif Hub Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengumpulkan sejumlah komunitas dan para pegiat industri kreatif di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Senin (20/01/2020) petang. 

Pertemuan itu diadakan dalam rangka mempersiapkan hadirnya Bogor Creatif Hub atau Pusat Ekonomi Kreatif yang pembangunannya akan rampung di akhir tahun 2020 mendatang.

Dedie mengatakan, pertemuan ini dilakukan Pemkot dalam rangka mengakomodir kebutuhan dari sejumlah insan kreatif serta komunitas yang nantinya akan memanfaatkan gedung tersebut.

"Oleh karena itu, kita mencoba menyelaraskan rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menyelesaikan pembangunan gedung Bogor Kreatif Center ini. Ternyata di Bogor ini ada ratusan kelompok komunitas yang terdiri dari berbagai latar belakang, keahlian dan industri kreatif. Nantinya mereka ini lah yang akan memanfaatkan gedung tersebut," ujar Dedie.

Dedie melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor hingga saat ini terus melakukan komunikasi intens dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat agar proses pembangunan bisa segera dilanjutkan. Data yang diperoleh dari Pemprov Jabar saat ini, progres pembangunan Bogor Creatif Hub ini sudah terlaksana 30 persen.

"Saat ini masih proses lelang, diharapkan pembangunannya akan selesai di akhir Desember 2020 nanti, sehingga 2021 gedung ini sudah bisa dimanfaatkan oleh para insan kreatif dan komunitas-komunitas di Kota Bogor," katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan komunitas dari Bogor Ngariung, Robby Firliandoko turut mengapresiasi pertemuan tersebut. Robby menyebut, nantinya akan ada belasan sektor bidang yang berkecimpung di Bogor Kreatif Center. Mulai dari industri kreatif film, design, seni rupa hingga arsitektur dan lainnya akan ada di gedung eks Bakorwil tersebut.

"Saya tentu sangat menyambut baik dengan adanya gedung pusat kreatif ini. Semoga saja, tempat ini tidak hanya dilakukan untuk berkumpul saja, akan tetapi bisa menjadi tempat untuk mengembangkan potensi, keahlian temen-temen komunitas agar bisa lebih berkelanjutan," harapnya.

Untuk diketahui, proses pembangunan gedung Bogor Creatif Hub ini akan kembali dilanjutkan setelah ditetapkannya pemenang pada proses pelelangan di Pemprov Jabar selesai. Kemudian sisa progres pembangunan fisik akan ditargetkan rampung di akhir tahun 2020 mendatang. (Prokompim:Teddy/Ryan-SZ)