Beranda >

Berita > Kota Bogor Cegah Kanker Secara Dini


21 April 2015

Kota Bogor Cegah Kanker Secara Dini

Ditandai dengan pemukulan gong, Walikota Kota Bogor Bima Arya canangkan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan di Kota Bogor yang juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pencanangan berlangsung di Ruang Rapat I Balaikota Jl. Ir. H. Juanda No. 10 Bogor yang dihadiri Wakil Walikota Usmar Hariman, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj. Yane Ardian, perwakilan Organisasi dan aktivis perempuan se-kota Bogor, Selasa (21/4).

Pada kesempatan itu Bima mengajak, ”Mari kita dukung bersama-sama gerakan ini, tidak lain dan tidak bukan agar hidup kita lebih manfaat, berumur panjang, barokah dan bermanfaat bagi semua.

kanker12

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr. Rubaeah mengatakan, Kanker merupakan penyebab kematian nomor 1 di dunia, sedangkan di Indonesia menempati urutan kedua setelah penyakit jantung dan pembuluh darah. Kanker juga lebih banyak menyerang wanita dibanding pria, dengan urutan tertinggi pada wanita adalah kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker indung telur.

“Bapak¬-bapak perlu mengetahuinya agar semakin sayang terhadap isteri dan menjadi perhatian para suami bahwa wanita resikonya lebih tinggi untuk menderita suatu Kanker,” kata Rubaeah. Menurutnya, secara umum penyebab kanker antara lain adalah  kelainan genetik, faktor lingkungan, makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya dan infeksi virus.

Pencanangan ditutup dengan deklarasi pencegahan dan deteksi dini Kanker pada perempuan yang dipimpin ketua TP PKK Kota Bogor Hj. Yane Ardian. (Tria/Gus) editor Mor.