Beranda >

Berita > Peringati Hari Kanker, YKI Kota Bogor Akan Gelar Lomba Cerdas Cermat


21 Februari 2020

Peringati Hari Kanker, YKI Kota Bogor Akan Gelar Lomba Cerdas Cermat

Memperingati Hari Kanker tahun 2020, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor untuk pertama kalinya akan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) bagi 30 komunitas di Kota Bogor yang telah mendaftar.

LCC ini akan digelar dengan konsep fun di Taman Ekspresi, Jalan Sempur, Kota Bogor, Minggu (01/03/2020) mendatang.

"Rencananya acara akan dimulai dengan senam di Plaza Balai Kota Bogor, kemudian 600 peserta dari 30 Komunitas dilepas Wali Kota Bogor. Peserta jalan kaki bersama menuju Taman Ekspresi," ujar Ketua YKI Kota Bogor, Yane Ardian usai Audiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya, Jumat (21/02/2020).

Yane mengatakan, lomba cerdas cermat ini fokus materinya mengenai Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) dan Kanker. Sesuai arahan Wali Kota Bogor soal-soal pertanyaan pun tidak akan terlalu banyak dan bisa mudah dipahami peserta.

Pasalnya, tujuan LCC ini untuk mengedukasi peserta dan masyarakat melalui materi yang diberikan. Mengingat ada 423 penderita kanker di Kota Bogor selama 2019, diantaranya 226 penderita kanker payudara, 35 penderita kanker rahim dan ovarium, 23 penderita kanker darah, 139 penderita kanker lainnya dan 45 orang dinyatakan kanker stadium akhir.

"Semoga acara ini disambut baik Komunitas dan masyarakat agar fungsi YKI sebagai organisasi kuratif dan promotif bisa terwujud," katanya.

Wakil Ketua Panitia, Oki Kurniawan menuturkan, sesuai dengan konsep acara yang have fun pihaknya juga akan mengedukasi pembawa acara untuk belajar mengenai kanker. Tak hanya itu, komunitas yang mengikuti LCC juga turut menampilkan performance dengan tema kanker dan PHBS.

"Dengan cerdas cermat peserta jadi belajar menghafal dan mempelajari kanker. Harapannya kalau acara ini berhasil maka akan lebih banyak masyarakat yang tau tentang kanker," katanya. (Prokopim :fla/ismet-SZ)