Beranda >

Berita > DPRD Jawa Barat Cek Penanggulangan Penyebaran Virus Corona di Kota Bogor


19 Maret 2020

DPRD Jawa Barat Cek Penanggulangan Penyebaran Virus Corona di Kota Bogor

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Bogor, Kamis (19/03/2020) pagi. Kunjungan tersebut diterima Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di ruang kerjanya.

Anggota DPRD Jawa Barat, Iwan Suryawan yang datang bersama Rudi Harsa Tanaya mengatakan, tujuan kedatangannya untuk mengecek kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menangani Virus Corona (Covid-19).

“Kami mendapatkan tugas dari DPRD Jawa Barat untuk melakukan pemantauan lapangan terkait virus Covid -19 di dapil masing-masing,” katanya usai kunjungan.

Pihaknya menekankan kesiapan Pemkot Bogor terkait dengan ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) dan juga penanganan bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat. “Jadi, secara umum tadi kita membicarakan seputar itu,” kata Iwan.

Setelah ini ia akan melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor untuk melakukan pemantauan kesiapan dan program yang sudah dan akan dilakukan untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19. “Kami juga akan mengunjungi beberapa rumah sakit yang ada di Kota Bogor,” tuturnya.

DPRD Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah melakukan sosialisasi dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19. Bahkan kata dia, DPRD Jawa Barat sudah menghentikan kegiatan yang sifatnya melibatkan banyak orang dan mengembalikan ke dapil masing-masing untuk melakukan pemantauan atau Work From Home.

“Semua agenda di DPRD Jawa Barat di off kan, tapi kita harus terus memantau penanggulangan penyebaran virus Covid-19,” jelasnya.

DPRD Jawa Barat kata dia, sudah menyiapkan anggaran Rp.100 miliar untuk penanganan Covid-19. Namun seperti yang sudah disampaikan Gubernur Jawa Barat keperluan untuk menangani Covid-19 dana tak terduganya sudah sangat minim, sehingga akan mencari sumber lain, seperti dari BUMD.

Selain itu Iwan menyebut, dalam pertemuan tersebut juga membahas seputar program Pemkot Bogor yang bisa disinergikan dengan Provinsi Jawa Barat.

“Tahun 2020 ini ada bantuan keuangan dari provinsi dan 2021 Pemkot Bogor sudah mengajukan beberapa program pembangunan itu, kita akan lihat apa saja yang diajukan Pemkot Bogor dan Insya Allah kita akan kawal di APBD 2021,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyatakan, Pemkot Bogor terus berupaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bahkan, Wali Kota Bogor, Bima Arya sudah menerbitkan surat edaran terkait dengan upaya pencegahan virus Corona. (Prokompim)