Beranda >

Berita > Usmar : O2SN Sebagai Ajang Pembinaan Generasi Muda


23 April 2015

Usmar : O2SN Sebagai Ajang Pembinaan Generasi Muda

Untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga, Dinas Pendidikan Kota Bogor mengelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ke-VIII Tingkat Kota Bogor 2015. Sebanyak  912 atlet yang merupakan siswa SD, SMP, SMA/ SMK dan 150 official, turut ambil bagian dalam O2SN kali ini. Mereka berasal dari 6 kecamatan se Kota Bogor dengan masing-masing wilayah mengirimkan 152 atlet. Acara diresmikan oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Kamis (23/4/2015) di GOR Pajajaran Bogor.   

Usmar dalam sambutannya  optimis bahwa banyaknya atlet yang berpartisipasi dalam event kali ini merupakan tanda positif akan pembinaan  generasi muda. “Ini yang kita harapkan 5 sampai 15 tahun yang akan datang. Dengan energi semangat yang terpancar dari semua yang hadir, kita yakin arah kebijakan dan arah pembinaan atlet-atlet berbakat selama ini berada di jalur yang benar,” ujar Usmar.

Dengan diarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang positif, salah satunya olahraga, menurutnya, secara tidak langsung Pemerintah Kota Bogor telah menyelamatkan generasi muda Kota Bogor dari hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka sebagai generasi penerus.

o2sn112

Penyelenggaraan O2SN dimulai tanggal 23 dan berakhir pada 27 April 2015. Sementara untuk venue pertandingan dipusatkan di GOR Pajajaran. Lokasi lain yang digunakan diantaranya lapangan Makorem dan sekolah-sekolah yang memiliki sarana prasarana representatif menggelar pertandingan.

Acara ini bertujuan sebagai ajang seleksi atlet terbaik Kota Bogor untuk dibina dan dipersiapkan sehingga mampu berkompetisi ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Disamping itu juga sebagai wadah pengembangan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, mengembangkan jiwa kompetitif yang sehat dan budaya hidup sehat serta sikap nasionalisme dan cinta tanah air.

Ada 11 cabang olahraga yang dilombakan yaitu untuk SD dan SMP meliputi atletik, tenis meja, voli, tenis lapangan, sepakbola mini, bulutangkis, catur, renang, pencak silat, karate dan sepak takraw. Sedangkan untuk SMA/SMK melombakan cabang olahraga atletik, tenis meja, bulutangkis, pencak silat, karate dan catur.(gus/rahmat) dkw