Beranda >

Berita > KODIM Helat Simulasi Bencana


25 April 2015

KODIM Helat Simulasi Bencana

“Korban-korban baik yang terluka ringan maupun luka berat segera di evakuasi menuju lokasi yang lebih aman dan dibawa ke tenda pengungsi maupun tenda kesehatan untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.”

Itulah sepotong narasi simulasi penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan Kodim 0606/Kota Bogor pada Sabtu (24/4). Melibatkan sekitar 300 personil yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD Kota Bogor, Menwa (UIKA dan Univ.Pakuan), FKPPI, Tagana, Forkam, PPM dan masyarakat. Kodim 0606 menggelar simulasi penanggulangan bencana alam yang dipusatkan di lapangan Mulyaharja.

Hadir dalam simulasi diantaranya Korem 061 Suryakencana Kol.Inf. Fulad, Kodim 0606 Let.Kol Rakhmat Santoso, Sekda Kota Bogor Ade Sarif Hidayat, Kepala BPBD Ganjar Gunawan, kepala Dinas Transsosnaker Kota Bogor, camat dan lurah.

simulasi12

 Dalam sambutan Ade Sarip menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada TNI AD untuk inovasi dan kreasinya dalam membantu dalam membangun masyarakat Kota Bogor.”BPBD Kota Bogor yang baru terbentuk 4 bulan, jelas masih baru dan masih butuh dukungan karena belum pengalaman dalam penanganan bencana alam. Dengan kunci kebersamaan yang sudah terbangun, tidak ada yang tidak mungkin untuk di laksanakan,” kata Ade

Tidak lupa Ade menjelaskan perihal bantuan berupa hibah 10 truk pemadam yang kondisinya sudah sebulan penuh tidak di operasikan. “Karena kondisi yang sudah lama tidak dioperasikan, kami menganggarkan dari APBD untuk memperbaiki kondisi truk agar bisa di operasikan,” tambah Ade.

Sementara itu, Danrem 061 Suryakencana menyampaikan bahwa wilayah Bogor termasuk wilayah ke-3 di Jawa Barat yang rawan bencana. "Pengalaman yang ada, ketika bencana terjadi, banyak pihak yang memberikan sumbangan namun tidak jelasnya koordinasi membuat bantuan itu terlihat percuma.

Dengan adanya simulasi ini, setiap pihak dapat melihat dan belajar untuk dapat berperan aktif dan terbagi dalam penanggulangan alam secara  cepat. Semoag terjalin kerjasama guna kesiapan dini dalam menghadapi bencana di wilayah Kota Bogor,” tegas Kol.Inf Fulad.Kota Bogor sendiri, baru membangun 3 kantor BPBD di antaranya Sukasari, Cibuluh dan Yasmin.(rahmat)