Beranda >

Berita > Uji Coba Pengoperasian Mall, Bima Arya Temukan Ini Saat Pantau Kondisi Lewat CCTV dari Balaikota


18 Juni 2020

Uji Coba Pengoperasian Mall, Bima Arya Temukan Ini Saat Pantau Kondisi Lewat CCTV dari Balaikota

Wali Kota Bogor Bima Arya memantau langsung kondisi pusat perbelanjaan atau mall yang mulai dilakukan uji coba pengoperasian mulai Kamis (18/6/2020). Pemantauan dilakukan melalui CCTV mall yang tersambung langsung ke Balaikota Bogor.

Dari pemantauannya, secara keseluruhan masih tergolong tertib dan mentaati protokol kesehatan. Namun, masih ada beberapa pengunjung yang tidak melakukan jaga jarak saat berada di foodcourt dan melepas maskernya ketika berada di area mall.

Saat melihat itu, Bima Arya langsung menghubungi pengelola mall dan petugas di posko pengamanan gabungan yang ditempatkan di setiap pusat perbelanjaan. “Saya melihat ada ibu-ibu melanggar. Tolong petugas cek, ada ibu-ibu duduk bertiga, pijat-pijatan lagi. Yang satu baju kuning, satunya mickey mouse. Tolong diperingatkan sekarang juga oleh petugas,” ujar Bima, lewat sambungan telepon kepada petugas Satpol PP.

Tak lama, petugas kemudian mendatangi foodcourt tersebut dan memperingati ibu-ibu tersebut untuk menjaga jarak dan menggunakan maskernya. “Kalau ke mall patuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan selalu patuhi aturan yang sudah dibuat oleh mall,” ujarnya.

Bima menjelaskan, minggu ini mall mulai dibuka secara bertahap untuk masa uji coba selama satu minggu. “Tapi tidak untuk tempat yang resiko tinggi seperti bioskop, permainan anak dan pusat kebugaran,” katanya.

“Apabila hasilnya baik maka bisa dilanjutkan, jika tidak maka akan dievaluasi. Hari ini satu mall sudah buka, besok tiga mall lagi menyusul. Taati semua protokol di mall. Selalu waspada, CCTV mall tersambung ke Balaikota dan akan terus memonitor kondisi di lapangan. Disiplin kita adalah vaksin kita,” tambahnya.

Sebelumnya, Bima Arya sudah mengecek langsung kesiapan mall-mall tersebut terkait dengan penerapan protokol kesehatan. Mall yang sudah dicek antara lain BTM, Botani Square, Lippo Keboen Raya, Yogya Junction, PGB, Lippo Plaza Ekalokasari, Boxies123 Mall dan Plaza Jambu Dua.

Namun, yang sudah siap hari ini baru Bogor Trade Mall (BTM). Besok menyusul dibuka adalah Lippo Keboen raya, Lippo Plaza Ekalokasari dan Boxies123 Mall. “Selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, salah satu yang kami minta adalah perangkat CCTV yang bisa terhubung langsung ke Balaikota untuk bisa kita memonitor langsung,” pungkasnya. (prokompim)