Beranda >

Berita > Gebu Cinta Gelar Aksi Bersih di Sungai Kalibaru


27 April 2015

Gebu Cinta Gelar Aksi Bersih di Sungai Kalibaru

Sungai Kalibaru, Katulampa, pada Minggu (26/4) berubah menjadi kolam renang. Ratusan orang, terutama orang-orang muda, terlihat memenuhi arus sungai yang berada di daerah Katulampa tersebut. Sebagian dari mereka aktif melakukan aksi pungut sampah di sungai. Sebagian yang lain melakukan aksi penanaman pohon di daerah pinggiran sungai. Dan sebagian lainnya, melakukan aksi tebar benih ikan.
Suasana hari minggu tersebut adalah bagian dari acara peringatan Hari Bumi yang diselenggarakan komunitas Gerakan Seribu Cinta Untuk Senyum Sesama (Gebu Cinta). Tidak kurang dari 500 pelajar kota Bogor terlibat aktif dalam kegiatan yang berlangsung sekitar enam jam tersebut. Menurut Lutfi Kurnia, penggagas Gebu Cinta, format kegiatan ini sengaja dipilih untuk menyambut Hari Bumi sekaligus Hari Jadi Bogor ke 533 tahun.
“Kami ingin mengajak para pelajar untuk melakukan aksi-aksi nyata lingkungan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan. Mudah-mudahan aksi ini bisa menjadi pendorong bagi mereka untuk terus melakukan aksi-aksi lain terhadap lingkungan dalam keseharian mereka,” terang Lutfi. Lutfi pun mengapresiasi keterlibatan pelajar kota Bogor yang mencapai 500 orang pada kegiatan tersebut.

0001 gebu (2)
Sementara itu, Ketua RT 5 RW 9, Katulampa, Ahmad menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas aksi yang digagas Gebu Cinta. “Aksi ini bisa membawa motivasi terutama untuk anak-anak muda di Katulampa yang lebih seringnya nongkrong. Harapannya, kegiatan ini dapat berlanjut supaya sungainya bisa bersih dan warganya peduli,” harap Ahmad.
Acara ini sendiri didukung oleh Aksi Cepat Tanggap (Organisasi Kemanusiaan), Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup. ARW