Beranda >

Berita > Buka Pra Muscab, Kak Ade Ajak Pramuka Menjadi Contoh Yang Baik


14 September 2020

Buka Pra Muscab, Kak Ade Ajak Pramuka Menjadi Contoh Yang Baik

Saat membuka Pra Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kota Bogor Ke-XIII Tahun 2020, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengajak pramuka menjadi contoh yang baik dimanapun.

"Saya ingin pramuka menjadi contoh bagi siapapun, dimanapun, dalam bentuk apapun dan untuk kepentingan apapun. Mulai dari sikap, lisan yang santun hingga perbuatan pun harus menjadi contoh, tidak sekedar wujud lisan atau retorika. Bagi organisasi pun juga harus jadi contoh, jangan sampai Pramuka jadi contoh yang tidak baik," katanya di Leuweung Geledegan Ecolodge, Tamansari, Kabupaten Bogor, Senin (14/09/2020).

Menurutnya semua harus dipertanggungjawabkan, mulai dari program kegiatan, penggunaan anggaran selama lima tahun kepengurusan "Kurang lebih ada 7 bidang yang dijalani dan harus dipertanggungjawabkan," kata Kak Ade Sapaan Akrabnya.

Kepada semua yang hadir, Sekda Kota Bogor ini mengungkapkan rasa bangga dengan pramuka karena sarat dengan program dan kegiatan positif.

"Banyak capaian dan prestasi yang kita raih berkat upaya bersama seluruh pengurus dan anggota pramuka di Kota Bogor, sehingga mampu bersinergi kemudian dikategorikan bagus karena mampu memperbanyak jumlah pembina," jelasnya.

Bahkan kata dia, Kwarcab Pramuka Kota Bogor sudah bekerjasama dengan dua universitas. Bagi mahasiswa FKIP, wajib memiliki sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD).

Cerita lainnya pramuka Kota Bogor senantiasa hadir dan bersinergi membantu kegiatan dan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, walaupun tidak di semua kegiatan.

Pelaksanaan yang dilaksanakan Bidang Kominfo dalam bentuk JOTA JOTI salah satunya. Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini menjadi peran tersendiri dalam memberi pemahaman tentang nilai-nilai pramuka.

Melalui bidang usaha, Ade berharap kedepan pramuka Kota Bogor mampu menjadi sebuah organisasi yang mandiri, khususnya soal pendanaan.

Atas pengabdian semua, tidak ada kata lain selain rasa syukur dan terima kasih atas semua dedikasinya tanpa didasari materi. Di pramuka itu setara dan ini menjadi pembelajaran bagi pribadi dan semua.

"Hidup tidak ada manfaat ketika apa yang kita miliki tidak memberikan manfaat, baik bagi pribadi maupun orang lain. Saya belajar banyak dari pramuka," jelasnya.

Kak Ade juga mengungkapkan bahwa pra muscab adalah salah satu tahapan dalam pelaksanaan Muscab Kota Bogor yang akan diselenggarakan pada 10 Oktober 2020 nanti.

Sejatinya Muscab akan dilakukan pada 1 oktober, namun karena adanya kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Jawa Barat, pada tanggal 6 - 8 Oktober maka diundur 10 Oktober 2020.

"Nikmati suasana yang ada, nikmati jalinan silaturahmi di tengah kondisi pandemi di kawasan yang jauh dari hiruk pikuk Kota, ini penting karena bisa mempengaruhi imun dan kesehatan kita. Semoga mampu memberi dampak bagi imunitas kita di tengah pandemi Covid-19," ujar Ade.

Pra Muscab Kota Bogor Ke-XIII Tahun 2020 difokuskan pada laporan dan pembahasan rencana kerja tahun 2020-2025 yang selanjutnya akan dibahas lebih lanjut pada Muscab Kota Bogor yang direncanakan pada 10 oktober 2020.

Total peserta yang hadir berjumlah 70 peserta perwakilan 6 Kwaran di Kota Bogor, para pengurus dan anggota Gerakan Pramuka Kota Bogor. (Prokompim)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk