Beranda >

Berita > Cegah Penularan Covid-19, Akhir Pekan Pedestrian SSA di Tutup


17 September 2020

Cegah Penularan Covid-19, Akhir Pekan Pedestrian SSA di Tutup

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan menutup aktivitas warga di pedestrian seputaran jalur Sistem Satu Arah (SSA) pada sabtu dan minggu di masa Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK). Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di Kota Bogor, khususnya pada kerumunan.

“Untuk hari biasa dipersilahkan karena tidak terlalu ramai, namun berbeda kondisinya jika di akhir pekan, kondisinya sudah tidak jelas,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya saat memimpin Rapat Koordinasi Aparat Wilayah Pemerintah Kota Bogor di Taman Ekspresi, Sempur, Kamis (17/9/2020).

Menurut Bima Arya, saat akhir pekan aktivitas warga di pedestrian SSA banyak yang memanfaatkan pedestrian sambil merokok, makan makanan ringan, memberi makan Uncal, bahkan terlihat berkumpul atau berkerumun.

Hal itu menurutnya cukup berbahaya mengingat kasus Covid-19 Kota Bogor meningkat. Selain itu, terlihat tidak sedikit warga luar Kota Bogor yang datang untuk bersepeda atau gowes yang pada akhirnya membuat suasana menjadi semakin krodit.

Kepada Satpol PP Kota Bogor, Bima Arya memerintahkan untuk membuat barikade mulai subuh hingga malam hari.

“Saya akan turun langsung,” tegasnya.

Sebelumnya, Bima Arya menyebutkan ada tiga penyebab kasus Covid-19 di Kota Bogor meningkat, yakni pergerakan atau mobilitas warga tinggi, tingkat kesadaran warga yang masih rendah dan tindakan pengawasan protokol kesehatan yang masih lemah.

Untuk menekan meningkatnya kasus Covid-19 akibat mobilitas warga, maka Pemkot Bogor memberlakukan pembatasan jam operasional dan pembatasan jam aktivitas warga di malam hari.

Kepada jajaran aparat wilayah ia meminta untuk All Out dan maksimal turun ke lapangan mengawasi warga, khususnya di waktu-waktu strategis seperti jam makan siang, waktu sore, tempat ngopi dan waktu malam selama dua minggu kedepan.

“Silahkan berbagi tugas dengan jajaran. Saya bersama Pak wakil akan berbagi tugas dan kita turun setiap hari,” jelas Bima Arya. (Prokompim)