Beranda >

Berita > Mayora Group Bantu Tata PKL di Kota Bogor


01 Oktober 2020

Mayora Group Bantu Tata PKL di Kota Bogor

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor menjalin kerja sama dengan PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) dalam menata Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bogor.

Kerja sama tersebut diawali penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkot Bogor dan   PT Tirta Fresindo Jaya yang dilakukan di area parkir Kolam Mila Kencana, GOR Pajajaran, Kamis (1/10/2020).

National Sales and Promotion Head PT Mayora Indah Tbk, Henry David Kalangie mengucapkan terima kasih karena sudah diperkenankan Dispora Kota Bogor untuk membantu menata PKL yang ada disekitaran GOR Pajajaran.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami karena bisa menata PKL yang ada di Kota Bogor. Apalagi pabrik kami sendiri ada di daerah Ciawi, Kabupaten Bogor atau masih dekat dengan Kota Bogor,” tuturnya.

Dia menyebut, tahun 2018 dan 2019 pihaknya sudah terlebih dahulu membantu menata PKL di DKI Jakarta, Cirebon, dan tahun ini di Kota Bogor

“Kami ingin membantu UMKM di Kota Bogor di tengah situasi resesi dan pandemi ini. Banyak UMKM yang masih bisa bertahan hingga saat ini dan itu pun harus ditopang kerja sama dengan perusahaan,” jelasnya.

Pihaknya berharap UMKM disini semakin ramai dan bagi para pedagang yang sudah ditata ia menitipkan pesan agar dijaga kebersihannya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyatakan bahwa Kadispora tahu apa keinginan wali kota, yakni menata PKL tanpa mengandalkan APBD.

“Kalau apa-apa bilang gak ada anggarannya gak maju-maju kita, selalu ada cara dan hari ini saya lihat itu dijalankan,” jelasnya.

Secara khusus wali kota menitipkan dua hal. Pertama, segera tata pedagang yang lainnya agar bisa lebih rapi dan bersih. Kedua, membangun fisik itu mudah, tetapi yang sulit adalah merawat, membina agar tetap bersih dan nyaman. 

“Semoga pedagang disini semakin maju, jadi semuanya semakin berkembang,” harapnya.

Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi menjelaskan, kerja sama penataan PKL ini sekaligus peresmian kantin di area Kolam Mila Kencana bekerja sama dengan CSR PT Mayora Group.

“Selanjutnya dilanjutkan di Jalan Malabar, di area kantor Kejari Kota Bogor, Sempur dan Sukasari,” katanya. 

Awalnya area sekitaran Kolam Mila Kencana ini merupakan area parkir, kemudian di tata menjadi kantin yang menampung 10 PKL yang ada di area Gor Pajajaran. “Jadi tidak ada lagi PKL yang berjualan di bagian depan GOR maupun di area parkir Mila Kencana,” sebut Kadispora.

Kedepan pihaknya juga akan menampung 6-7 PKL dalam penataan Stadion Pajajaran secara keseluruhan dengan membangun sentra PKL di sekitaran semi Indoor Basket GOR Pajajaran.

“Pelaksanaan kerja sama ini akan berjalan 5 tahun. Segala bentuk perawatan dan pemeliharaan PT Mayora yang menanggung. PT Mayora juga menata kolam renang Mila Kencana,” katanya. (Prokompim)