Beranda >

Berita > Generasi Muda Adalah Pioneer Penegakan Hukum


22 Mei 2015

Generasi Muda Adalah Pioneer Penegakan Hukum

Bagian Hukum Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan Dirjen HAM Pusat menggelar sosialisasi pelaksanaan cerdas cermat HAM bagi pelajar SMA/SMK Kota Bogor 2015, Jum’at (22/5) di ruang rapat 1 Balaikota Bogor. Acara ini bertujuan untuk lebih mensosialisasikan kesadaran HAM dan menyebarkan pesan-pesan penegakan hukum yang benar kepada masyarakat luas, khususnya para pemuda dan pelajar.

Kepala Bagian Hukum, Novie Hasby Munnawar menyampaikan kegiatan ini adalah bagian dari proses penegakan hukum yang baik dan benar yang dimulai dari generasi muda. Nove, begitu sapaan akrab Kepala Bagian Hukum, menyebut para generasi muda sebagai pioneer penegakan hukum.

hukum12

Nove pun mengingatkan kepada para pesrta, bahwa selepas dari acara ini para pelajar yang hadir dapat memberikan kotribusi positif dan mengkontiminasi warga untuk ikut serta dalam menggiatkan HAM.“Kesadaran hukum harus dimulai sejak dini, mengutip Aa Gym, dimulai dari sekarang, dimulai dari hal yang kecil, dimulai dari diri sendiri,” tambah Nove.

Tujuan lain kegiatan ini adalah pembekalan bagi para siswa dalam mengikuti cerdas cermat HAM tingkat Kota Bogor yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 10 Juni 2015. Bagi siswa yang mampu keluar sebagai juara akan mewakili Kota Bogor diajang yang sama pada level Nasional, bahkan sampai level Internasional.

Sementara itu, Kasubdit Penguatan HAM Wilayah II Dirjen HAM Pusat, Eva Gantini mengharapkan dari kegiatan ini, dapat terbentuk KOPPETA Kota Bogor. “Sekedar informasi, KOPPETA yang terbentuk sejak tahun 2012 baru ada di DKI Jakarta.” ujar Eva, yang juga Pembina Komunitas Pemuda Pelajar Penggiat HAM (KOPPETA).

Sebelum acara pembekalan materi dilaksanakan, Ketua KOPPETA DKI Jakarta berkesempatan memberikan sedikit materi dan dokumentasi kegiatan serta prestasi-prestasi yang telah diraih.(gus/rahmat)