Beranda >

Berita > Serangkaian Kegiatan Siap Meriahkan HJB


24 Mei 2015

Serangkaian Kegiatan Siap Meriahkan HJB

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor Shahlan Rasyidi menyampaikan, Hari Jadi Bogor ke 533 tahun 2015 hadir dengan ragam kegiatan. Diantaranya Bogor Expo yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 1 Juni di GOR Pajajaran dan Istura (Istana untuk rakyat) yang mulai dibuka Senin, 25 Mei 2015 sampai 1 Juni 2015 mendatang.

"Khusus Istura, pengunjung setelah ke Istana Bogor nanti bisa masuk ke berbagai museum seperti museum PETA, museum perjuangan, zoologi, dan museum Etnobotani. Semua gratis dan akan rutin dilakukan setahun sekali," jelasnya.

Selain itu, kata Shahlan, ada festival budaya dan karnaval helaran pada tanggal 30 Mei 2015 yang juga akan dihadiri perwakilan dari Purwakarta, Sumedang dan Kabupaten Bogor. "Sampai saat ini, sudah terdaftar 18 mobil hias dengan 28 sanggar yang ikut helaran nanti. Helaran akan mengambil start di GOR Pajajaran menyusuri Jalan Sudirman, Jalak Harupat dan berakhir di Sempur," ujarnya.

Untuk helaran, Shahlan menyebut nanti akan ada panggung utama di Museum PETA. "Semua Muspida, termasuk Walikota, akan menunggang kuda dan panitia telah menyiapkan 5 kuda dan kereta kencana," jelasnya.

Selain itu akan ada prosesi tahunan Ngumbah Kujang yang dimulai pada Minggu, 24 Mei 2015 dan pagelaran wayang golek dengan menampilkan dalang putra dari Alm. Asep Sunandar Sunarya pada tanggal 1 Juni 2015 di Plaza Balaikota. (Met/Gus) dkw