Beranda >

Berita > Dua Kecamatan Gelar Pertunjukan Wayang Golek


25 Mei 2015

Dua Kecamatan Gelar Pertunjukan Wayang Golek

Dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke 533, warga Kecamatan Tanah Sareal dan Kecamatan Bogor Utara disuguhi pagelaran wayang golek. Acara yang berlangsung semalam suntuk dengan dalang yang tergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Bogor ini berlangsung Sabtu (23/5).

Pagelaran wayang golek di KecamatanTanah Sareal menampilkan duet dalang Jaya Gumelar dan Parno yang menyuguhkan lakon Bambang Jima Sakti. Pagelaran mengambil tempat di plaza Mall Robinson Jalan Sholeh Iskandar, Kelurahan Kedung Jaya.

Sementara Dalang Ucu Komara yang berpasangan dengan Rais D. Rahardjo mempertontonkan keahliannya di Lapangan Jalan Bagaspati Kelurahan Bantarjati Kecamatan Bogor Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisbudparekraf) Kota Bogor  Shahlan Rasyidi menjelaskan  pagelaran wayang golek menyambut HJB ini rutin dilaksanakan setiap tahun di enam kecamatan serta di Plaza Balaikota Bogor.

“Untuk pagelaran wayang golek di Balaikota Bogor akan diadakan pada malam Rabu tanggal 1 Juni dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya dari Bandung. Ini adalah bukti konsistensi Pemkot Bogor terhadap pelestarian seni budaya tradisi khususnya wayang golek,” urai Shahlan. (Gus)