Beranda >

Berita > Istura Tahun Ini Resmi Dibuka


25 Mei 2015

Istura Tahun Ini Resmi Dibuka

Istana Untuk Rakyat (Istura) kembali digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor tahun ini yang memasuki usia ke-533. Walikota Bogor, Bima Arya pun melepas rombongan pertama Istura pada Senin (25/5) di depan Gedung Kemuning Bogor.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Shahlan Rasyidi menyebut Istura telah menjadikan kegiatan tahunan yang banyak dinantikan tidak hanya warga Bogor, tetapi juga warga diluar Bogor. “Bahkan Istura yang digagas sejak tahun 2002 telah menjadi icon Hari Jadi Bogot (HJB) setiap tahunnya,” terangnya.

Menurut Shahlan, jumlah peserta Istura terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2015 ini, katanya, sejak dibuka pendaftaran, telah terdaftar sekitar 5.420 orang yang akan mengikuti Istura.“Kita berharap jumlah pesrta Istura tahun 2015 ini bisa mencapai 40 ribu orang. Meskipun ada penyesuaian lokasi kunjungan ke Istana Bogor. Jika tahun-tahun sebelumnya, peserta diperbolehkan masuk ke dalam ruang Istana Bogor, maka tahun 2015 ini hanya sampai pelararan saja. Ini dikarenakan fungsi Istana Bogor yang sudah aktif menjadi kantor sekaligus kediaman presiden,” jelasnya.

 istura12

Sementara itu, Bima dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sempat bertemu dengan Presiden Jokowi dan membicarakan Istura. "Semalam saya bertemu pak Jokowi. Memang ada perubahan tahun ini, karena kediaman Bapak Presiden dan kantornya sekarang di Istana Bogor," kata Bima.

Untuk masyarakat Bogor, Bima berharap, seluruh perayaan dan acara dalam HJB bisa menguatkan kebersamaan dan aura positif. “Saya tidak berharap kota ini dipenuhi aura negatif karena Bogor tidak akan maju. Saya bekerja, berjuang keras supaya aura postif, semangat kebersamaan dan sikap tidak saling menyalahkan, yang dominan di kota ini,” sebut Bima. 

 Penyelenggaraan Istura sendiri akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 25 sampai 28 Mei dan 1 Juni. Yang belum mendaftar, bisa langsung melakukan registrasi pendaftaran di secretariat Istura di depan kantor BPPT-PM. (Met/Gus)