Beranda >

Berita > Setelah Ikan Cupang, Menyusul Ikan Koi Dikonteskan


29 Mei 2015

Setelah Ikan Cupang, Menyusul Ikan Koi Dikonteskan

Dengan perolehan nilai total 279 Meilya Suanto keluar sebagai juara umum kontes Ikan Hias Cupang tahun 2015 yang digelar Dinas Pertanian Kota Bogor pada tanggal 24 Mei di Depo Pemasaran Ikan Hias Jl. Binamarga Kelurahan Barang Siang Bogor. Menyusul ditempat ke-dua Trio Kampret dengan nilai 216 dan ditempat ke-tiga Yudi RM dengan nilai 149. Pemenang atau juara kontes berhak membawa pulang Trophy Walikota, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Kontes yang diikuti 102 peserta dan mengkonteskan 765 ekor ikan ini menurut Kepala Seksi Sumtiyah, pertama kali digelar pada tahun 2008 yang dirangkai dengan peringatan Hari Jadi Bogor. Tahun ini merupakan kegiatan yang ke-8. Peserta dan jumlah ikan yang dikonteskan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. “Contohnya tahun 2014 ikan yang dikonteskan sebanyak 590 ekor dan tahun 2015 berjumlah 765 ekor,” papar Sumtiyah. Dia pun mengatakan tujuan diselenggarakannya kontes ini antara lain untuk meningkatkan nilai ekonomi ikan hias, Brand Image ikan hias Kota Bogor, dan untuk meningkatkan devisa Kota Bogor serta sebagai ajang silaturahmi sesama penggemar ikan hias. Untuk dewan juri panitia mengambil dari asosiasi Betha Indonesia (ABI). “Motto kontes tahun ini Ikan hias Kota Bogor, Lahan Minimalis, Potensi maksimalis,” imbuhnya.

Ditambahkan Sumtiyah dalam waktu dekat ini tepatnya tanggal 12-14 Juni 2015, Dinas Pertanian juga akan menggelar Kontes Ikan Hias Koi dengan lokasi di Bogor Nirwana Residence (BNR). “Kontes Ikan Hias Koi akan dimeriahkan pula pameran dan bazzar produk perikanan. Oleh karena itu kepada para penggemar ikan hias agar secepatnya mendaftarkan diri ke panitia,” pungkasnya. (Tria/Lani)