Beranda >

Berita > Jambore Cabang V Kwarcab Kota Bogor Resmi Digelar


29 Mei 2015

Jambore Cabang V Kwarcab Kota Bogor Resmi Digelar

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar Jambore V Tahun 2015 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (28/5). Jambore dibuka Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta. Sebanyak 2018 peserta dari jumlah 115 sekolah ikut terlibat dalam Jambore kali ini. Dari sekolah yang ikut berpartisipasi, terdapat 137 regu putra dan putri untuk tingkat SD/MI dan 90 regu putra dan putri untuk tingkat SMP/MTs.  Jambore akan berlangsung selama tiga hari hingga 31     Mei 2015 mendatang dengan mengambil tema “Bersatu teguh menuju Kota Bogor lebih baik”.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengaku bangga dengan jumlah peserta Jambore yang semakin meningkat. “Ini membuktikan bahwa eksistensi gerakan Pramuka Kota Bogor meningkat pesat,” ujarnya.

Dalam sambutannya Usmar mengajak peserta Jambore Cabang V untuk  menjadi agen-agen perubahan di Kota Bogor. “Manfaatkan seluas-luasnya momentum Jambore Cabang V ini sebagai ajang silaturahmi, saling bertukar pikiran, dan pengetahuan. Tentunya akan banyak makna, pelajaran,” lanjutnya. Usmar juga meyakini bahwa peserta yang hadir saat ini mampu mempengaruhi teman-teman lainnya untuk memiliki akhlak, kedisiplinan, karakter, ketangkasan, dan kecakapan seperti yang dimiliki keluarga besar Pramuka,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan banyak pihak terhadap gerakan Pramuka di Kota Bogor. “Kita telah mampu melaksanakan sebuah rencana program yang sangat didambakan oleh kita semua dalam rangka mengevaluasi berbagai keterampilan kegiatan pembinaan di masing-masing gugus depan lewat kegiatan Jambore Cabang V Tahun 2015,” urainya.

Jambore Cabang V Kota Bogor menitikberatkan tujuannya pada pengembangan diri atas bina mental, fisik intelektual, spiritual dan sosial dengan metode yang beragam, sehingga para peserta dapat mempelajari, menghayati dan mendalami materi yang dihadapi. Jambore Cabang ini juga diselenggarakan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang Bhinneka Tunggal Ika serta upaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa Pancasila dengan tujuan meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka penggalang serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu Satya Dasa Dharma. (Gus) dkw