Beranda >

Berita > Usmar Lepas Pawai Obor


03 Juni 2015

Usmar Lepas Pawai Obor

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman Senin (1/6) malam melepas pawai obor dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke 533 tahun 2015. Pawai yang diikuti ratusan seniman dan budayawan Bogor ini mengambil start di Plaza Balaikota dengan rute mengelilingi Kebun Raya Bogor (KRB) dan finish di tempat awal. Pelepasan pawai obor diawali dengan pemakaian totopong dan penyerahan obor oleh Usmar kepada budayawan Kota Bogor Dadang HP.

Usmar dalam sambutannya mengatakan pawai ini menjadi peringatan tahunan menjelang HJB. "Mari kita sama-sama nyalakan obor sebagai tanda bahwa Kota Bogor akan terus jaya ke depan," harap Usmar. Menginjak usia ke 533, Usmar juga berharap Kota Bogor akan mengalami banyak perubahan yang lebih baik dan menjadi nyaman untuk masyarakatnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor Shahlan Rasyidi mengatakan pawai ini diikuti sekitar 100 peserta. "Pawai ini dikemas menarik dimana seniman dan budayawan akan mengenakan pakaian tradisional parahyangan, yakni baju kampret," jelas Shahlan. Selain itu, lanjutnya, pawai obor juga dimeriahkan penari lengser.

Setelah dibawa berkeliling, rombongan akan menyerahkan salah satu obor untuk dinyalakan di balaikota sebagai tanda dimulainya pertunjukan wayang golek semalam suntuk sambut HJB. Pertunjukkan wayang golek ini menampilkan Dalang Dadan Asep Sunandar Sunarya yang merupakan putra almarhum Asep Sunandar Sunarya dengan lakon Gatot Kaca Panca Raga. (Met/Gus) dkw