Beranda >

Berita > Ribuan Warga Saksikan Pagelaran Wayang Golek di Balaikota


03 Juni 2015

Ribuan Warga Saksikan Pagelaran Wayang Golek di Balaikota

Ribuan warga Bogor memadati Plaza Balaikota Bogor untuk menyaksikan pagelaran wayang golek yang menampilkan dalang Dadan Sunandar Sunarya, putra almarhum dalang kenamaan Asep Sunandar Sunarya. Acara tahunan dalam menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ini digelar Senin (1/6) malam yang menampilkan lakon Gatot Kaca Panca Raga. Kehadiran dalang dengan grup Giri Harja III ini sangat dinantikan warga Bogor yang sudah memenuhi lokasi acara sejak pukul 5 sore. 

Pagelaran wayang golek dibuka Walikota Bogor Bima Arya yang dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para warga dan undangan. “Lewat Hari Jadi Bogor ke 533 kita wujudkan Bogoh Ka Bogor dengan arti kita memahami budaya dan tradisi sendiri. Selain itu, mari kita berpegangan tangan bekerja bersama seoptimal mungkin untuk mengejar tujuan, yaitu mengurus Bogor yang bersih, indah, enak dan nyaman,” ajak Bima. Selanjutnya Bima menyerahkan gunungan kepada Dalang Dadan Sunandar Sunarya menandai dimulainya pagelaran wayang golek.   

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor Shahlan Rasyidi yang turut menyaksikan pagelaran tersebut menyampaikan gelaran ini merupakan bagian dari rangkaian yang sebelumnya sudah berlangsung di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bogor Utara dan Kecamatan Tanah Sareal. “Selanjutnya tanggal 6 Juni akan dilangsungkan juga pagelaran wayang di Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat,  tanggal 7 Juni di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan dan terakhir tanggal 13 Juni di Kecamatan Bogor Timur dan Bogor Tengah. (Met/Gus)